EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INTISARI FISIKA BERBASIS HANDBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEG.1PATIMPENG KAB.BONE
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah bagaimakah hasil belajar peserta didik kelas X SMA Neg. 1 Patimpeng Kab. Bone dengan menggunakan Intisari Fisika Berbasis Handbook. Bagaimakah hasil belajar peserta didik kelas X SMA Neg 1 Patimpeng Kab. Bone yang tidak menggunakan Intisari Fisika Berbasis Handbook. Apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas X SMA Neg. 1 Patimpeng yang menggunakan Intisari Berbasis Handbook dengan yang tidak menggunakan Intisari Fisika Berbasis Handbook. Penelitian ini penelitian kuantitatif eksperimen jenis Quasi Experimental Design, dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 139 peserta didik dengan jumlah sampel yang dipilih sebanyak 45 peserta didik. Pemilihan sampel menggunakan teknik Convinience Sampling (kemudahan). Hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA N 1 Patimpeng Kab. Bone dari hasil analisisdeskriptif yaitu pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 52,5 sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata 55. Hasil belajar fisika berbasis handbook kelas X SMA Neg.1 Patimpeng Kab. Bone setelah penggunaan intisari fisika berbasis handbook efektif terhadap peningkatan hasil belajar fisika perserta didik kelas X SMA Neg.1 Patimpeng Kab. Bone
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Bahri, Syaiful dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Beck, R. C. 2004. Motivation: Theories and Principles (5th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
Thorkildsen, T.A. 2002. Motivation and the struggle to learn: Responding to fractured lie. Boston: Allyn & Bacon.
Woldkowski, R.J. 1985 Enhancing Adult Motivation to Learn: A Guide to Improving Instruction and Increasing Learner Achievement. San Francisco: Jossey-Bass. .
Yaumi, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Efektif. Makassar: UIN Alauddin Press.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.