HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FISIKA MADRASAH ALIYAH KOTA MAKASSAR

  • Rusna Aqhros Suatrean

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi Kepribadian dan gambaran kompetensi
pedagogik guru fisika Madrasah aliyah kota Makassar serta untuk mengetahui hubungan antara
kompetensi kepribadian dengan kompetensi pedagogik guru fisika Madrasah aliyah kota
Makassar.Metode penelitian ini yaitu penelitian ex-post facto yaitu penelitian yang dilakukan ketika ingin
mengetahui kuat atau lemahnya hubungan variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh Madrasah Aliyah Kota Makassar dengan jumlah sampelnya sebanyak 27
orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi berupa angket yang
berisikan pernyataan-pernyataan. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rhitung lebih besar dari pada rtabel
(0,536>0,381), maka pada taraf signitifikansi 5% Ho Ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga terdapat
korelasi yang signitifikan antara kedua kompetensi.Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan
konsep hubungan kompetensi guru di sekolah pada umumnnya, serta dapat memperkuat kompetensi guru
fisika pada khususnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barinto, Hubungan Kompotensi Guru dan

Supervisi Akademika Dengan Kinerja

Guru SMP Negeri Se-Kecamatan

Percut Sei Tuan. Jurnal Tabularasa

PPS: UNIMED 9, no. 2 2012.

Baswedan Anies. “Pengantar” dalam Munif

Chatib. Gurunya Manusia Menjadikan

Semua Anak Istimewa dan Semua Anak

Juara. Bandung: Kaifa, 2014.

Chatib Munif. Sekolahnya Manusia Sekolah

berbasis Multiple intelligences di

Indonesia. Bandung: Kaifa, 2014.

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian

Pendidikan dan Sosial. Cet. I;

Bandung: Alfabeta, 2013.

Fitri Yulianti. Hubungan Kompetensi

Pedagogik Guru PAI Dengan Prestasi

Belajar Pada Mata Pelajaran PAI.

Jurnal Tarbawi 1. no 2 2012.

H.Hudoyo. Pengembangan Kurikulum

Matematika dan Pelaksanaannya

Didepan Kelas. Lentera Pendidikan

Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13,

no. 1 2010.

Karlof, Bengt dan Svante Ostblom.

Banchmarking A Signpost to Excellence

In Quality and Productivity. New York:

Cambridge University Press, 1994.

Kasmawati. Pengembangan Kinerja Tenaga

Kependidikan. Makassar: Alauddin

University Press, 2012.

Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat

Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan

Tenaga Kependidikan. Pembinaan dan

Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:

Bermutu Profesi, 2010.

Kunandar. Guru Profesional. Jagakarsa:

Rajawali Pers, 2007.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan

Sertifikasi Guru. Lentera Pendidikan

Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13,

no. 1 2010.

Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya

Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif.

Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu

Tarbiyah dan Keguruan 13, no. 1 2010.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan

Supervisi Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2010.

Rahman Getteng. Menuju Guru Profesional

dan Beretika. Makassar Alauddin

:2012.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran Dalam

Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi Lentera Pendidikan Jurnal

Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13, no. 1

Schunk, Dale. Learning Theories An

Educational Perspektive, Sixth Edition,

terj. Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar,

Teori-Teori Pembelajaran Perspektif

Pendidikan,

Sugiono. Pengantar statistik pendidikan.

Jakarta: Rajawali Pres, 2012.

Uno, Hamzah B.. Profesi Kependidikan.

Jakarta: Bumi Akasara, 2008.

Usman, Syahruddin. Menuju Guru Profesional

Suatu Tantangan. Makassar: Alauddin

University Press, 2011

Published
2016-09-01
How to Cite
Suatrean, R. A. (2016). HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FISIKA MADRASAH ALIYAH KOTA MAKASSAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 75-82. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3708
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Abstract viewed = 836 times