HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FISIKA MADRASAH ALIYAH KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi Kepribadian dan gambaran kompetensipedagogik guru fisika Madrasah aliyah kota Makassar serta untuk mengetahui hubungan antara
kompetensi kepribadian dengan kompetensi pedagogik guru fisika Madrasah aliyah kota
Makassar.Metode penelitian ini yaitu penelitian ex-post facto yaitu penelitian yang dilakukan ketika ingin
mengetahui kuat atau lemahnya hubungan variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh Madrasah Aliyah Kota Makassar dengan jumlah sampelnya sebanyak 27
orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi berupa angket yang
berisikan pernyataan-pernyataan. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rhitung lebih besar dari pada rtabel
(0,536>0,381), maka pada taraf signitifikansi 5% Ho Ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga terdapat
korelasi yang signitifikan antara kedua kompetensi.Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan
konsep hubungan kompetensi guru di sekolah pada umumnnya, serta dapat memperkuat kompetensi guru
fisika pada khususnya.
Downloads
References
Barinto, Hubungan Kompotensi Guru dan
Supervisi Akademika Dengan Kinerja
Guru SMP Negeri Se-Kecamatan
Percut Sei Tuan. Jurnal Tabularasa
PPS: UNIMED 9, no. 2 2012.
Baswedan Anies. “Pengantar” dalam Munif
Chatib. Gurunya Manusia Menjadikan
Semua Anak Istimewa dan Semua Anak
Juara. Bandung: Kaifa, 2014.
Chatib Munif. Sekolahnya Manusia Sekolah
berbasis Multiple intelligences di
Indonesia. Bandung: Kaifa, 2014.
Darmadi, Hamid. Metode Penelitian
Pendidikan dan Sosial. Cet. I;
Bandung: Alfabeta, 2013.
Fitri Yulianti. Hubungan Kompetensi
Pedagogik Guru PAI Dengan Prestasi
Belajar Pada Mata Pelajaran PAI.
Jurnal Tarbawi 1. no 2 2012.
H.Hudoyo. Pengembangan Kurikulum
Matematika dan Pelaksanaannya
Didepan Kelas. Lentera Pendidikan
Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13,
no. 1 2010.
Karlof, Bengt dan Svante Ostblom.
Banchmarking A Signpost to Excellence
In Quality and Productivity. New York:
Cambridge University Press, 1994.
Kasmawati. Pengembangan Kinerja Tenaga
Kependidikan. Makassar: Alauddin
University Press, 2012.
Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat
Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan
Tenaga Kependidikan. Pembinaan dan
Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:
Bermutu Profesi, 2010.
Kunandar. Guru Profesional. Jagakarsa:
Rajawali Pers, 2007.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan
Sertifikasi Guru. Lentera Pendidikan
Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13,
no. 1 2010.
Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya
Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif.
Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan 13, no. 1 2010.
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan
Supervisi Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya, 2010.
Rahman Getteng. Menuju Guru Profesional
dan Beretika. Makassar Alauddin
:2012.
Sanjaya, Wina. Pembelajaran Dalam
Implementasi Kurikulum Berbasis
Kompetensi Lentera Pendidikan Jurnal
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13, no. 1
Schunk, Dale. Learning Theories An
Educational Perspektive, Sixth Edition,
terj. Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar,
Teori-Teori Pembelajaran Perspektif
Pendidikan,
Sugiono. Pengantar statistik pendidikan.
Jakarta: Rajawali Pres, 2012.
Uno, Hamzah B.. Profesi Kependidikan.
Jakarta: Bumi Akasara, 2008.
Usman, Syahruddin. Menuju Guru Profesional
Suatu Tantangan. Makassar: Alauddin
University Press, 2011
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.