PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI SMA NEGERI KHUSUS JENEPONTO KELAS XI SEMESTER I
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen tes hasilbelajar kognitif dan untuk mengetahui kualitas instrumen tes hasil belajar kognitif mata
pelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA kelas XI semester I. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisisan, perancangan,
pengembangan, dan penyebaran tapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap
pengembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil
penelitian menunjukkan pengembangan instrumen tes pada kelas XI SMA Negeri Khusus
Jeneponto dengan jumlah 4 soal pilihan ganda, 4 soal menjodohkan, 4 soal benar salah, 4 soal
isian dan 4 soal esai dengan total soal keseluruhan yaitu 20 soal sudah baik dan layak
digunakan. Berdasarkan dari hasil uji ahli menunjukan penilaian sebesar 3,89 untuk semua
aspek yang ditanyakan dengan kriteria sangat valid.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasra Evaluasi
Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi
Aksara, 2013.
David, Mckay Compani. INC. Taxonomy Of
Educational Objectives The Classification
Of Educational Goals. America: Printed
The United State. 2001.
Djaali dan Pudji Muljono, Pengukuran dalam
BidangPendidikan. Jakarta: PPs UNJ,
Ibnu, Trianto Badar al-Tabany. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan
Kontekstual. Edisi Pertama. Jakarta :
Prenadamedia Group, 2014.
Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan.
Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2009.
Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian
Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:
Alfabeta, 2013.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta :
Pustaka Belajar, 2014.
Siregar, Syofian. Statistik Parametrik untuk
Penelitian Kuantitatif. Edisi Kedua.
Jakarta : Bumi Aksara, 2014
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.