PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI SMA NEGERI KHUSUS JENEPONTO KELAS XI SEMESTER I

  • Ulfa Nurfillaili
  • M. Yusuf T
  • Santih Anggereni Anggereni

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen tes hasil
belajar kognitif dan untuk mengetahui kualitas instrumen tes hasil belajar kognitif mata
pelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA kelas XI semester I. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisisan, perancangan,
pengembangan, dan penyebaran tapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap
pengembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil
penelitian menunjukkan pengembangan instrumen tes pada kelas XI SMA Negeri Khusus
Jeneponto dengan jumlah 4 soal pilihan ganda, 4 soal menjodohkan, 4 soal benar salah, 4 soal
isian dan 4 soal esai dengan total soal keseluruhan yaitu 20 soal sudah baik dan layak
digunakan. Berdasarkan dari hasil uji ahli menunjukan penilaian sebesar 3,89 untuk semua
aspek yang ditanyakan dengan kriteria sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasra Evaluasi

Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi

Aksara, 2013.

David, Mckay Compani. INC. Taxonomy Of

Educational Objectives The Classification

Of Educational Goals. America: Printed

The United State. 2001.

Djaali dan Pudji Muljono, Pengukuran dalam

BidangPendidikan. Jakarta: PPs UNJ,

Ibnu, Trianto Badar al-Tabany. Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan

Kontekstual. Edisi Pertama. Jakarta :

Prenadamedia Group, 2014.

Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan.

Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2009.

Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian

Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:

Alfabeta, 2013.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta :

Pustaka Belajar, 2014.

Siregar, Syofian. Statistik Parametrik untuk

Penelitian Kuantitatif. Edisi Kedua.

Jakarta : Bumi Aksara, 2014

Published
2016-09-01
How to Cite
Nurfillaili, U., Yusuf T, M., & Anggereni, S. A. (2016). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI SMA NEGERI KHUSUS JENEPONTO KELAS XI SEMESTER I. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 83-87. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3709
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Abstract viewed = 391 times