HUBUNGAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP FISIKA KELAS VII SMPN 5 SOROMANDIKABUPATEN BIMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar, kemampuan memahami konsep Fisika danmengetahui hubungan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan memahami konsep fisika pada pokok
bahasan kalor kelas VII SMPN 5 Soromandi Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah EX post Fakto
dengan menggunakan desain korelasi tunggal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan
tes pemahaman konsep fisika. Teknik pengelolaan dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis
deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik kelas VII
SMPN 5 Soromandi Kabupaten Bima dari 37 jumlah peserta didik yang dijadikan sampel termasuk dalam
kategori sedang. Kemampuan memahami konsep fisika yaitu rata-rata persentase 3% termasuk kategori
tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan ampprok sig t di peroleh nilai 4,66 sehingga dapat dikatakan bahwa
hubungan gaya belajar peserta didik dan kemampuan memahami konsep fisika memiliki hubungan yang
lemah dan tidak signifikan.
Downloads
References
Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational
Objectives: The Classification of
Educational Goals. New York: McKay.
Misbahuddin & Iqbal. 2013. Analisis Data
Penelitian dengan Statistik. Jakarta:Bumi
Aksara.
Ghufron, M. Nur & Risnawati, Rini.2014. Gaya
Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Komara, Endang. 2014. Belajar dan
Pembelajaran Interaktif. Bandung:
Refika Aditama,
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian untuk
Guru- Karyawan dan Peneliti Pemuda.
Bandung : Alfabeta.
Siregar, Syofian. 2014. Statistika Deskriptif untuk
Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Sudarwan & Khairil. 2011. Psikologi Pendidikan.
Bandung : AlfaBeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung : Alfabeta.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.