EFEKVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP GERAK ADAPTIF (KETERAMPILAN) MATA PELAJARAN FISIKA

  • Kurnia Rizky
  • Umi Khusyairi
  • Muh. Yusuf Hidayat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gerak adaptif (keterampilan)
peserta didik mata pelajaran fisika sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran
inkuiri terbimbing kelas VII SMP Negeri 1 KAHU. Pemilihan sampel melalui teknik purposive
sampling. Instrumen pengumpulan data untuk meningkatkan gerak adaptif (keterampilan)
peserta didik pada mata pelajaran fisika melalui lembar observasi jenis partisipan dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu tsatu
sampel. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif
diperoleh nilai rata-rata gerak adaptif (keterampilan) peserta didik sebelum penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata
gerak adaptif (keterampilan) peserta didik setelah penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis data inferensial yaitu thitung<ttabel
sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan gerak adaptif
(keterampilan) peserta didik dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada
mata pelajaran fisika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model

Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.

Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Avenue, Constitution. 2001. Inquiry and the

National Science Education Standards.

Washington : NATIONAL ACADEMY

PRESS.

Carol, dkk. 2007. Guide Inquiry Learning In The

ST Century. London : Libraries

Unlimited.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi paikem

dari behavioristik sampai konstruktivistik.

Jakarta : Prestasi pustakaraya.

Kasmadi dan Nia. 2014. Panduan Modern

Penelitian Kuantitatif. Bandung :

Alfabeta.

Ken, Thomas. 2004. Learning Taxonomies In The

Cognitive, Affective, And Psycomotor

Domains. Alchemy : Rocky Mountain.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode penelitian

terapan bidang pendidikan. Bandung :

Alfabeta.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk

Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R

& D. Bandung : Alfabeta.

Published
2016-09-01
How to Cite
Rizky, K., Khusyairi, U., & Yusuf Hidayat, M. (2016). EFEKVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP GERAK ADAPTIF (KETERAMPILAN) MATA PELAJARAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 92-95. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3711
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Abstract viewed = 146 times