EFEKVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP GERAK ADAPTIF (KETERAMPILAN) MATA PELAJARAN FISIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gerak adaptif (keterampilan)peserta didik mata pelajaran fisika sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran
inkuiri terbimbing kelas VII SMP Negeri 1 KAHU. Pemilihan sampel melalui teknik purposive
sampling. Instrumen pengumpulan data untuk meningkatkan gerak adaptif (keterampilan)
peserta didik pada mata pelajaran fisika melalui lembar observasi jenis partisipan dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu tsatu
sampel. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif
diperoleh nilai rata-rata gerak adaptif (keterampilan) peserta didik sebelum penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata
gerak adaptif (keterampilan) peserta didik setelah penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis data inferensial yaitu thitung<ttabel
sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan gerak adaptif
(keterampilan) peserta didik dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada
mata pelajaran fisika
Downloads
References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model
Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.
Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Avenue, Constitution. 2001. Inquiry and the
National Science Education Standards.
Washington : NATIONAL ACADEMY
PRESS.
Carol, dkk. 2007. Guide Inquiry Learning In The
ST Century. London : Libraries
Unlimited.
Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi paikem
dari behavioristik sampai konstruktivistik.
Jakarta : Prestasi pustakaraya.
Kasmadi dan Nia. 2014. Panduan Modern
Penelitian Kuantitatif. Bandung :
Alfabeta.
Ken, Thomas. 2004. Learning Taxonomies In The
Cognitive, Affective, And Psycomotor
Domains. Alchemy : Rocky Mountain.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode penelitian
terapan bidang pendidikan. Bandung :
Alfabeta.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk
Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R
& D. Bandung : Alfabeta.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.