Pengembangan Modul Elektrostatika Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Eksperimen Mahasiswa

  • Allan Asrar UIN Imam bonjol Padang
    (ID)
  • Zulpadrianto Z UIN Imam Bonjol Padang
    (ID)
Kata Kunci: Modul Ajar, elektrostatika, PjBL, ADDIE

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektrostatika berbasis PjBL (Project-based Learning) dalam konteks pembelajaran listrik magnet dan mengukur dampaknya terhadap peningkatan kemampuan eksperimen mahasiswa. Metode pengembangan modul elektrostatika ini mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis mencakup kebutuhan materi pengajaran, karakteristik mahasiswa, dan analisis materi pembelajaran. Desain modul elektrostatika melibatkan pembuatan flowchart dan storyboard interaktif multimedia. Pengembangan meliputi realisasi desain produk dalam bentuk modul serta validasi produk oleh para ahli. Tahap implementasi dilakukan untuk menguji hasil pembelajaran menggunakan modul pada mahasiswa. Evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas modul elektrostatika berdasarkan hasil analisis pada tahap implementasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa modul elektrostatika berbasis PjBL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan eksperimen mahasiswa. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan tinggi dengan memperkuat pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam dan keterampilan praktis dalam pembelajaran listrik magnet.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

J. Leonardy, Peran Fisikawan Indonesia dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan, Sains, dan Teknologi sebagai Upaya Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkualitas di Era Society 5.0. uwais inspirasi indonesia, 2023. Accessed: Jan. 03, 2024. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=RDWnEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=peran++ilmu+fisika+&ots=LvK_gQqFVm&sig=JgNkYycRdCig1_FZ8OJiwSMUoHk

A. Suryanto and S. Bakhri, “Listrik Dan Medan Magnet,” 2023, Accessed: Jan. 03, 2024. [Online]. Available: https://osf.io/kx3fc/download

M. H. Basri and A. Najihuddin, “Perancangan Generator Axial Fluks 3 Phasa Pada Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO),” JOURNAL ZETROEM, vol. 5, no. 2, pp. 198–202, 2023.

S. Susi, “Pembelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen Untuk Optimalisasi Kreativitas Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Bojongsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas,” PhD Thesis, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri, 2023. Accessed: Jan. 03, 2024. [Online]. Available: https://eprints.uinsaizu.ac.id/19599/1/Susi%20Susanti_Pembelajaran%20Sains%20melalui%20Metode%20Eksperimen%20untuk%20Optimalisasi%20Kreativitas%20Anak%20Usia%20Dini%20di%20TK%20Pertiwi%20Bojongsari%20Kecamatan%20Kembaran%20Kabupaten%20Banyumas.pdf

J. W. Kusum, M. R. Akbar, and M. Fitrah, Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023. Accessed: Oct. 25, 2024. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=9Lq0EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pendekatan+pembelajaran+yang+konvensional+(ceramah)++tentag+listrik+magnet+kurang+memberikan+ruang+bagi+mahasiswa+dibandingkan+model+PjBL&ots=YfouVsYprv&sig=3qLUikc2IaqQ8X8jrm4ctt2X7Zs

P. Rosida and T. Suprihatin, “Pengaruh pembelajaran aktif dalam meningkatkan prestasi belajar Fisika pada siswa kelas 2 SMU,” Proyeksi: Jurnal Psikologi, vol. 6, no. 2, pp. 89–102, 2023.

U. Azzahra, F. Arsih, and H. Alberida, “Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review,” BIOCHEPHY: Journal of Science Education, vol. 3, no. 1, pp. 49–60, 2023.

M. Mudatsir, “Analisis Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Kearifan Lokal Dengan Memanfaatkan Platform Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa,” JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 293–303, 2023.

M. I. Syafi’i, “Analisis Konseptual Dasar Ilmu Pendidikan dalam Teori Pembelajaran Modern,” Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA), vol. 1, no. 3, pp. 117–122, 2023.

S. Supriadi, N. Nuriani, R. Rudiawan, and A. Bahri, “Peran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Biologi,” in Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains & Pembelajarannya, 2023. Accessed: Jan. 03, 2024. [Online]. Available: https://journal.unm.ac.id/index.php/semnasbio/article/view/974

D. Rahmawati et al., “Optimalisasi Pembudayaan Literasi Numerasi Melalui Penyusunan Modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) Bagi Guru SMP,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPM) Universitas Muhammadiyah Metro, 2023, pp. 487–492. Accessed: Jan. 03, 2024. [Online]. Available: https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/download/194/162

A. Mones and D. Irawati, “Project Based Learning (Pjbl) Perspektif Progresivisme Dan Konstruktivisme,” in SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi dan Pengembangan Teknologi Pendidikan, 2023. Accessed: Jan. 03, 2024. [Online]. Available: https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/siptek/article/view/189

A. M. Fitrianingrum, Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kinerja Peserta Didik. CV. Mitra Cendekia Media, 2023. Accessed: Jan. 03, 2024. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=MfnaEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Dengan+adanya+bahan+ajar+yang+menarik,+interaktif,+dan+mendukung+PjBL,+diharapkan+mahasiswa+dapat+lebih+mudah+mencapai+pemahaman+yang+mendalam+terhadap+konsep+listrik+magnet+&ots=BgQqGCG1lf&sig=vUE8XbF2NwxzoU7AWnU2-L47yQI

H. N. HK, Y. Apriani, D. A. Sintya, N. Novita, and A. R. Mumtadza, “Model-Model Desain Intruksional: Dick & Carey, Assure, Dan Addie, Dalam Pengembangan Alat Peraga Edukatif,” Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, vol. 7, no. 1, pp. 51–69, 2023.

I. Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara, 2022.

P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2nd ed. 2021.

I. G. B. Mahendra, J. D. Ticoh, D. Olii, and U. Nursusanto, “E-Module Development In Electrical Circuits Courses Based On Project Learning,” Jurnal Edukasi Elektro, vol. 7, no. 2, pp. 169–180, 2023.

N. G. Amanda, L. T. Biru, and D. I. Suryani, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada Ta Makanan di Sekitarmu Kelas VIII,” PENDIPA Journal of Science Education, vol. 7, no. 2, pp. 168–177, 2023.

Diterbitkan
2024-11-05
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 191 times