The New Normal: Wujud Transformasi Perayaan Menre’ Bola Pada Era Pandemi di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

  • Nurfadillah Nurfadillah UIN Alauddin Makassar

Abstract

Tulisan ini mengakaji tentang wujud transformasi perayaan menre’ bola pada era pandemi di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. Tradisi menre’ bola  yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Bugis untuk memasuki rumah baru sebagai bentuk rasa syukur, namun tetap digelar di tengah pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi sebagai data primer dan data sekunder yaitu dengan menelusuri library research. Adapun hasil peneilitian ini adalah tradisi menre’ bola tetap di gelar ditengah pandemi karena adanya kelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentunya protokol kesehatan menjadi perhatian utama, agar terhindar dari paparan virus corona. Bentuk tranformasi tradisi menre’ bola dikala pandemi secara hakikat tidak memiliki perubahan yang signifikan. Tetapi, yang mengalami perubahan adalah teknis pelaksanaanya, durasi dari tradisi dipersingkat agar orang-orang tidak berkumpul dalam waktu yang lama di suatu ruangan dan juga perubahan perlaku setiap individu karena adanya social distancing.

References

Bramasta, Dandy Bayu. “Sering Disebut-Sebut, Apa Itu New Normal?” dalam https://www.kompas. com/tren/read/2020/05/16/164600865/sering-disebut-sebut-apa-itu-new-normal diakses Juni 2020.

Koentjaraningrat. Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1987.

Lathief, Halilintar. Bissu Pergulatan dan Perannya di Masyarakat Bugis. Depok: Desantra, 2004.

Makkulau, M. Farid. Potret Komunitas Bissu di Pangkep. Pangkep: Dinas Pariwisata dan Budaya Pemerintah Kabupaten Pangkep, 2007.

Martono, Nanang. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Mulyana, Deddy dan Solatun. Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Pelras, Christian. Manusia Bugis. Jakarta: Nalar, 2006.

Rustan, Ahmad Sultra. Pola Komunikasi Orang Bugis: Kompromi Antara Islam dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Suyanto, Bagong. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana, 2005.

Yunus, Muhammad. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya, 1998.

Wawancara

M. Ahar, Panrita Bola, wawancara, Juni 2020.

Hj. Sajerah, wawancara, Juni 2020.

Published
2021-09-01
Abstract viewed = 176 times