Perbandingan Penerapan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

  • Mar Athul Wazithah T. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisnasari Andi Mattoliang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti Suharti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara penerapan model discovery learning dan penerapan model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Adapun populasi yang diteliti yaitu semua siswa kelas VIII di MTs Madani Alauddin, Kabupaten Gowa. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan pemahaman matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemahaman matematis dengan penerapan model discovery learning adalah 63,97 dengan standar deviasi 12,783. Sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman matematis dengan penerapan model problem based learning yaitu 72,31 dengan standar deviasi 16,175. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara yang menerapkan discovery learning dan problem based learning dengan nilai sig. 0,014 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian, kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII di MTs Madani Alauddin yang diajar dengan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan model discovery learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifudin, M., Wilujeng, H., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning pada Materi Trigonometri terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMA. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 129. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp129-140

Demirel, M., & Dağyar, M. (2016). Effects of Problem-Based Learning on Attitude: A Meta-Analysis Study. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(8), 2115–2137. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1293a

Eaisnawa, I. G. A., Megariati, & Zulkardi. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Integral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 86–97. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3264

Elfachmi, A. K. (2016). Pengantar Pendidikan. Erlangga.

Farida, F. A., Suani, S., & Zulkardi, Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Turunan Kelas XI SMAN 2 Palembang melalui Penerapan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3252

Hutapea, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Program Cabri 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Dimensi Tiga. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.4186

Julita, J. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan dan Hasil Belajar Matematika melalui Problem Based-Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.350

Kusumaningsih, W., & Marta, R. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1247

Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. D. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Di SMP Pelita Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(2), 161–183. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1229

Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Didactical Mathematics, 1(1), 21–33. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i1.1113

Oktaviani, B. A. Y., Mawardi, & Astuti, S. (2018). The Difference of Problem-Based Learning and Discovery Learning viewed from Mathematic Learning Outcomes of 4 the Grade Students. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol 8, 131–132. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p132-141

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407

Sappaile, B. I., Djaman, N., Ba’ru, Y., Kadir, K., & Darwis, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 252. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.597

Sari, I. F. Kumala, & Arcana, I. N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Example Non Example terhadap Prestasi Belajar untuk Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 7 Gunungkidul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/.v6i1.1295

Published
2020-11-29
How to Cite
Wazithah T., Mar Athul, Thamrin Tayeb, Fitriani Nur, Lisnasari Andi Mattoliang, and Suharti Suharti. 2020. “Perbandingan Penerapan Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (2), 96-106. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i2.17370.
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 362 times