Perbandingan Penerapan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara penerapan model discovery learning dan penerapan model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Adapun populasi yang diteliti yaitu semua siswa kelas VIII di MTs Madani Alauddin, Kabupaten Gowa. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan pemahaman matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemahaman matematis dengan penerapan model discovery learning adalah 63,97 dengan standar deviasi 12,783. Sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman matematis dengan penerapan model problem based learning yaitu 72,31 dengan standar deviasi 16,175. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara yang menerapkan discovery learning dan problem based learning dengan nilai sig. 0,014 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian, kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII di MTs Madani Alauddin yang diajar dengan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan model discovery learning.
Downloads
References
Arifudin, M., Wilujeng, H., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning pada Materi Trigonometri terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMA. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 129. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp129-140
Demirel, M., & Dağyar, M. (2016). Effects of Problem-Based Learning on Attitude: A Meta-Analysis Study. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(8), 2115–2137. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1293a
Eaisnawa, I. G. A., Megariati, & Zulkardi. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Integral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 86–97. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3264
Elfachmi, A. K. (2016). Pengantar Pendidikan. Erlangga.
Farida, F. A., Suani, S., & Zulkardi, Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Turunan Kelas XI SMAN 2 Palembang melalui Penerapan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3252
Hutapea, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Program Cabri 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Dimensi Tiga. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.4186
Julita, J. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan dan Hasil Belajar Matematika melalui Problem Based-Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.350
Kusumaningsih, W., & Marta, R. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1247
Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. D. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Di SMP Pelita Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(2), 161–183. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1229
Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Didactical Mathematics, 1(1), 21–33. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i1.1113
Oktaviani, B. A. Y., Mawardi, & Astuti, S. (2018). The Difference of Problem-Based Learning and Discovery Learning viewed from Mathematic Learning Outcomes of 4 the Grade Students. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol 8, 131–132. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p132-141
Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407
Sappaile, B. I., Djaman, N., Ba’ru, Y., Kadir, K., & Darwis, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 252. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.597
Sari, I. F. Kumala, & Arcana, I. N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Example Non Example terhadap Prestasi Belajar untuk Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 7 Gunungkidul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/.v6i1.1295