Pengaruh Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Pemecahan Masalah Matematis

  • Rina Widya Ningrum Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
    (ID)
  • Mujib Mujib UIN Raden Intan Lampung
    (ID)
  • Rizki Wahyu Yunian Putra UIN Raden Intan Lampung
    (ID)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik MTs. Al-Ishlah Sukadamai Natar disebabkan adanya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal serta hanya beberapa dari peserta didik yang mengajukan pertanyaan atau mengemukakan ide dalam pengerjaan soal. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematis antara murid yang menggunakan teknik pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS). Teknik pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS) menggunakan bahan ajar gamifikasi, dan metode ceramah. Jenis eksperimen yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen semu (quasi experimental). Cara yang diterapkan peneliti dengan metode acak kelas. Intsrumen yang akan diuji coba yaitu soal tes essai dengan menghitung uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Teknik analisis data dengan uji-t. Adapun hasil perhitungan, setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anava diperoleh 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 17,844. Jika nilai 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 2,709 maka dapat disimpulkan bahwa 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ≥ 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 . Sehingga dalam perhitungan  H0   ditolak  dan   H1   diterima,  yang  artinya  terdapat  pengaruh  pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Azwi, N. M., & Rohmah, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Spritual terhadap Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2 (2), 189–201.

Ambarita, B. (2019). Strategi Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Generasi Kampus, 2 (1).

Anggraeni, R. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Taman Siswa Teluk Betung. Uin Raden Intan Lampung.

Asruriyah, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Modifikasi Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di SMP N 5 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Dewi, I. N., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Kontekstual. Journal on Education, 1(2), 279–287.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hasanah, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (2019). MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impactt on Mathematical Reflective Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4) 1123–1135.

Hidayat, O. S. (2018). Pengaruh Model Actif Learning Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kemampuan Berbicar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 130–140.

Husaini, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2 (1), 9-11.

Jamali, D. C. N. U., & Cirebon, I. S. N. (2015). Pengaruh Penerapan Model Thinking Aloud Pairs Problem Solving (Tapps) Dalam Pembelajaran Matematikaterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di Kelas VII Mts Pui Ciwedus Kabupaten Kuningan. Eduma Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2), 18-20.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Karim, A. (2015). Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan. Fikrah, 2(2).

Mairanti, P. (2013). Pengaruh Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Matematis Berdasarkan Level Kognitif Siswa Di Mts Hidayatul Umam.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Journal on Education, 1(2), 271–278.

Rembulan, A., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi pada Materi Statistika Kelas VIII. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 84–98.

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Setiawati, N. L. P., Dantes, D. N., Candiasa, D. I. M., & Komp, M. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan LKS Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SLB Negeri Gianyar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127–144.

Published
2020-11-29
How to Cite
Ningrum, Rina Widya, Mujib Mujib, and Rizki Wahyu Yunian Putra. 2020. “Pengaruh Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Pemecahan Masalah Matematis”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (2), 126-35. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i2.17651.
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 556 times