Pengaruh Strategi Giving Questions and Getting Answer dan Strategi Multilevel terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa

  • Nur Yuliany Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurfadillah Nurfadillah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Afif Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui perbedaan antara strategi giving questions and getting answer dengan multilevel pada pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan menerapkan desain non-equivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampelnya terdiri dari kelas X MIA 2 dan 5 dari SMA Negeri 11 Makassar dengan jumlah 60 siswa. Instrumen yang diterapkan ialah tes yang berbentuk esai yang terdiri dari masing-masing 5 item pertanyaan untuk tes awal dan tes akhir, serta lembar pengamatan untuk guru. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Dari rangkaian pengamatan, selisish hasil pretest dan posttest kelas eksperimen meningkat 27.43, sementara selisih pretest dan posttest kelas pembanding meningkat 25,56. Lalu ketika dianalisis dengan independent sample t-test nilai signifikan lebih besar dari nilai α = 0,05 sehingga diputuskan bahwa tidak ada perbedaan jika guru menerapkan strategi giving questions and getting answer dengan strategi multilevel pada pemahaman konsep para siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianika, N. (2016). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Baharuddin, Mania, S., Raoda, W., Rasyid, M. R., & Tayeb, T. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a3.

Husaipah. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Giving Questions and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 2 Ranah Batahan Kab. Pasaman Barat. E-Jurnal.

Kiswanto, D. (2015). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Geometri Ditinjau dari Kepribadian Sensing dan Intution pada Siswa Kelas IX SMPN 33 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (MaPan), 3(1).

Laili, H. (2015). Pengaruh Penggunaan Strategi Giving Question and Getting Answers terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(2).

Mattoliang, L. A., Khidayati, P., Nur, F., & Rasyid, M. R. (2020). Comparison of Students ’ Mathematical Concept Understanding Ability between Macromedia Flash Media and Powerpoint Media in the Two Stay Two Stray Cooperative Learning Model Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa antara Media Macromedia Fl. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(1), 42–52.

Mufidah, A., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L. A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Aljabar pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 42–52.

Muh. Khalifah Mustami. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: CV. Arti Bumi Intara.

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS pada Materi Turunan. Edumatica: Journal Pendidikan Matematika, 6(1).

Nurmalia, A., & Herlina, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Aksiomatik, 7(1).

Panjaitan, A. P. (2014). Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan: Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sahid, N. A., Tayeb, T., Asnita, A. U., & Majid, A. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(1), 71–80.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cet. VII). Jakarta: Prenada Media Group.

Saputro, D. R. (2015). Efektivitas Penerapan Metode Multi Level Learning (MLL) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI Semester 1 SMAN 1 Depok. Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Sriyanti, A., Mania, S., & Hairani, N. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik berbentuk Uraian untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika Wajib Siswa MAN 1 Makassar. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57–69.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (cet XIII). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Toha, M. (2008). Keefektifan Pembelajaran Matematika Strategi Multilevel Learning yang Kompetitif Berbantuan CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Logika Matematika. Universitas Negeri Semarang.

Published
2021-05-30
How to Cite
Yuliany, Nur, Nurfadillah Nurfadillah, Ahmad Afif, Andi Ika Prasasti Abrar, and Andi Halimah. 2021. “Pengaruh Strategi Giving Questions and Getting Answer Dan Strategi Multilevel Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (1), 97-110. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i1.19107.
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 234 times