Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

  • Muslim Muslim Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Rahman Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ridwan Idris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Farham Majid Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulasteri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai dampak/pengaruh dari minat dan kemandirian peserta didik dalam belajar terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Penentuan populasi menggunakan teknik sampling jenuh dan mengambil peserta didik kelas VIII yang berjumlah 96 orang sebagai populasi penelitian. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tombolo Pao dengan penggunaan instrumen berupa skala minat belajar, skala kemandirian, serta lembar dokumentasi. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial (regresi ganda). Hasil analisis untuk minat dalam belajar dominan masuk dalam kategori tinggi. Pada kemandirian belajar dominan hasilnya masuk dalam kategori yang juga tinggi. Hasil belajar peserta didik dominan masuk dalam kategori yang sedang. Secara statistik inferensial hasilnya menunjukkan bahwa minat dan kemandirian dalam belajar berdampak yang bagus terhadap hasil belajar peserta didik dengan koefisien determinasinya sebesar 48.1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, A. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SDN 130 Karambua Desa Rinjani Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 1–8.

Afian, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM, 2(1), 1–13.

Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646

Arifin, S. (2018). Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 59–70.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382–389.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 2(2), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Djamarah, S. B. (2008). Rahasia Sukses Belajar (II). Rineka Cipta.

Heriyanti. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(1), 22–32.

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika DI SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 451–457.

Malmia, W., Makatita, S. H., & Muna, J. (2020). Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Buru. Uniqbu Journal Of Exact Sciences (UJES), 1(1), 9–14.

Permatasari, B. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2019). The Influence of Problem Based Learning Towards Social Science Learning Outcomes Viewed From Learning Interest. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(1), 39–46. https://doi.org/10.11591/ijere.v8.i1.pp39-46

Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM, 2(1), 93–105.

Qodri, M. W. Al. (2015). Penerapan Media Physicusic dalam Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Hukum Newton Kelas 8 Smp Negeri 3 Ungaran. 4Muhammad Wakhid Al Qodri, 4(3).

Rahmawat, K. P., Djaja, S., & Suyad, B. (2017). Pengaruh Minat Belajar dan Keceradasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(2), 61–68.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36.

Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(1), 77–86.

Samben, S. (2019). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. JURNAL EKLEKTIKA, 2(1), 60–66.

Sri Puji, W. (2020). Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMKN 1 Monterado Kabupaten Bengkayang. IKIP PGRI Pontianak.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Yanti, N. R. (2019). Minat dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 30–41.

Published
2021-05-29
How to Cite
Muslim, Muslim, Ulfiani Rahman, Ridwan Idris, Ahmad Farham Majid, and Sri Sulasteri. 2021. “Pengaruh Minat Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (1), 24-37. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i1.19256.
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 679 times