Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui hasil belajar matematika siswa tanpa menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining (2) Mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining (3) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tarowang, kabupaten Jeneponto yang berjumlah 150 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampelnya adalah kelas VII2 sebagai kelas kontrol dan kelas VII3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa test essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua kelompok tersebut, yaitu kelas kontrol (pretest) sebesar 49,23 dan posttest sebesar 69,43 sedangkan pada kelas eksperimen sebelum perlakuan (pretest) sebesar 50,30 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 79,30. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai 𝑠𝑖𝑔 = 0,001 < 𝛼 = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining. Model pembelajaran student facilitator and explaining efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial dengan menggunakan rumus efisiensi relatif diperoleh nilai R < 1 (0,69 < 1).
Downloads
References
Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 1(1), 45–62.
Bayuaji, P., & Hikmawati, S. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Fisika. J.Pijar MIPA, 12(1).
Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). The Effectiveness of Mathematics Teaching Material Based on Ethno mathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 35–38. Retrieved from https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.11
Istiningsih, G., L.A, E. M., & Priharlina, E. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa pada Siswa Sekolah Dasar. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2), 94–103. Retrieved from jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika
Kozikoğlu, İ. (2019). Analysis of the Studies Concerning Flipped Learning Model : A Comparative Meta-Synthesis Study. International Journal of Instruction, 12(1), 851–868.
Lestari, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Arians (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas VII SMPN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(1), 110.
Makhmudah, S. (2016). Upaya Memperbaiki Kualitas Guru dengan Memaksimalkan Terpenuhinya Kompetensi Kepribadian dan Profesionalisme Guru. Jurnal Studi Islam, 11(1), 80–103.
Miely, W. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. STKIP-PGRI Lubuklinggau.
Muslim, S. R. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Student Facilitator And Explaining Dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).
Mustikasari, I., Supandi, & Damayani, A. T. (2019). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 303–309. Retrieved from ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Parsautan, A. H. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MAN Sipirok. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1). Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Rohman, M. Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Di SMK Dharma Siswa 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 6(1), 156–162.
Setiawan, D. (2018). Pemberdayaan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SLB. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (XXI). Bandung: Alfabeta.
T., M. A. W., Tayeb, T., Nur, F., Mattoliang, L. A., & Suharti. (2020). Perbandingan Penerapan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2).