Peningkatan Hasil Belajar Melalui Teknik Mnemonic pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui teknik mnemonic. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Siswa kelas VIIA MTs Muhammadiyah Syuhada Kota Makassar merupakan subjek penelitian ini. Tes hasil belajar dan pedoman observasi merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis deskriptif merupakan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan sebanyak 1,45 yaitu dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika setelah penerapan teknik mnemonic pada siklus I adalah 74,55 dan pada siklus II adalah 76. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan sebesar 10,70%, ketuntasan pada siklus I sebesar 71,40% dan pada siklus II sebesar 82,10%. Dapat disimpulkan bahwa teknik mnemonic mampu meningkatkan daya ingat siswa dalam belajar sehingga materi yang telah diperoleh sebelumnya tidak mudah dilupakan.Downloads
References
Anggriyani, I., & Hrp, N. A. (2021). Peningkatan Daya Ingat Siswa terhadap Pembelajaran Matematika dengan penggunaan Teknik Mnemonic pada Kelas XI MAS Al-Barakah. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 657–666. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.657-666
Azmi, M. N. L., Najmi, M. H. S. M., & Rouyan, N. M. (2016). A Case Study on the Effects of Mnemonics on English Vocabulary. International Journal of Applied Linguistics & English Literature, 5(7), 178–185. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.5n.7p.178
Bahrami, Z. N., Izadpanah, S., & Bijani, H. (2019). The Impact of Musical Mnemonic on Vocabulary Recalling of Iranian Young Learners. International Journal of Instruction, 12(1), 977–994.
Bakken, J. P. (2017). Mnemonic Strategies: Helping Students with Intellectual and Developmental Disabilities Remember Important Information. Global Journal of Intellectual & Developmental Disabilities, 2(2), 1–4.
Juliana, C. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Tematik melalui Metode Pembelajaran Mnemonic. Jurnal Global Edukasi, I(6), 711–716.
Mishbah, N. (2019). Support of Mnemonics Strategies and Parental Involvement in the Development of Early Childhood Literacy. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019), 170–172.
Munthe, M. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Kurikulum ditinjau dari Sudut Manajerial. Jurnal Warta Dharmawangsa, 14(2), 269–279.
Oktarini, L., Suwarno, B., & Dharmayana, I. wayan. (2017). The Effect of Using Mnemonic Technique toward Students’ Vocabulary Mastery at Grade XII-Science Students of SMAN 9 Kota Bengkulu. JOALL: Journal of Applied Linguistics and Literature, 2(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/joall.v2i1.5869
Rahmawati, Y. (2019). Strategi Mnemonic dengan Menggunakan Kartu Make a match pada Materi Trigonometri. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 13(3), 173–180. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v13i3.1232
Riyadi, A. (2017). Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 52–67.
Rush, S. I. P. S. (2011). Model Pembelajaran Mnemonik bantu Siswa Mengingat Sejarah. July, 1–7.
Sari, D. M., Zailani, & Aureli, R. (2020). The Effectiveness of Mnemonic to Teach Vocabulary Viewed From Students’ Creativity. At-Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 85–99. https://doi.org/https://doi.org/10.51468/jpi.v2i1.30
Sari, R. R. (2018). The Use of Keyword and Imagery Mnemonic for Vocabularies Learning for AFL Students. Jurnal Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 1(2), 129–136. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/izdihar.v1i2.7294
Simamora, S., Sidabutar, H., & Sinaga, T. (2018). Efektivitas Metode Mnemonik Terhadap Daya Ingat pada Materi Protista Di Kelas X SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 103–108. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10147
Sofeny, D., & Muamanah, S. (2021). Keyword Mnemonic in Boosting the Students’ Vocabulary Memorization for Young Learners Level. Getsempena English Education Journal (GEEJ), 8(1), 96–109. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/geej.v8i1.1281
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif (Srikandi (ed.)).
Sweeten, T. L. (2017). Mnemonic Mechanisms for Making Memories. Journal on Empowering Teaching Excellence, 1(2), 4–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26077/2dhe-3k24
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. 3(4), 545–552.
Yahya, N. A., Ahmad, R., Abdullah, I. I., Mohamad, N., & Daud, K. M. (2017). Mnemonics of Basic Differentiation and Integration for Trigonometric Functions. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(11), 1332–1344. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i11/3572