Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Penerapan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 untuk melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan santifik dalam Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif desain ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tamalatea Kab. Jeneponto dengan jumlah 132 siswa sedangkan sampelnya 40 siswa ynag diperoleh dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penerapan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu regresi linear sederhana. Hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk penerapan pendekatan saintifik diperoleh nilai rata-rata 73,83 berada pada kategori baik. Sedangkan hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,39 berada pada kategori tinggi. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung> ttabel (4,622 >2,024) yang berarti terdapat pengaruh positif penerapan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tamalatea Kab. Jeneponto.Downloads
References
Ellizar, E., Hardeli, H., Beltris, S., & Suharni, R. (2018). Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning Module. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 335, 1–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012101
Firman, Baedhowi, & Murtini, W. (2018). The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning, 3(2), 86–91. Retrieved from https://www.learntechlib.org/p/208665/
Goh, C. F., Leong, C. M., Kasmin, K., Hii, P. K., & Tan, O. K. (2017). Students’ Experiences, Learning Outcomes and Satisfaction in e-Learning. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 13(2), 117–128. https://doi.org/10.20368/1971-8829/1298
Hidayat, A. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatan Prestasi Belajar Kelas 1B SDN 1 Bantul. UIN Sunan Kalijaga.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
In’am, A., & Hajar, S. (2017). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55–70. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1125137
Malmia, W., Makatita, S. H., Syafa L. A. A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanallo, M. C. B. (2019). Problem-Based Learning as an Effort to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(9), 1140–1143.
Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Discovery Learning with Scientific Approach on Geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012033
Ratnaningsih, S. (2017). Scientific Approach of 2013 Curriculum: Teachers’ Implementation in English Languange Teaching. English Review: Journal of English Education, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i1.768
Septina, N., Farida, & Komarudin. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(2), 160–171. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200
Setiawan, D., & Wilujeng, I. (2016). The Development of Scientific Approach Based Learning Instruments Integrated with Red Onion Farming Potency 1 in Brebes Indonesia. Journal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 22–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5785
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a
Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: raja Grafindo Persada.
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Cet. X). Bandung: Rosdakarya.