Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

  • Edy Arianto Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Syamsudduha Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulasteri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti Suharti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • A Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Penerapan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 untuk melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan santifik dalam Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif desain ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tamalatea Kab. Jeneponto dengan jumlah 132 siswa sedangkan sampelnya 40 siswa ynag diperoleh dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penerapan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu regresi linear sederhana. Hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk penerapan pendekatan saintifik diperoleh nilai rata-rata 73,83 berada pada kategori baik. Sedangkan hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,39 berada pada kategori tinggi. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung> ttabel (4,622 >2,024) yang berarti terdapat pengaruh positif penerapan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tamalatea Kab. Jeneponto.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

A Sriyanti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=PX0eYe0AAAAJ&hl=en

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6017052&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2015 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) Auladuna : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2018-sekarang
Contact Person: Hp. +6282346083545 email: [email protected]

References

Ellizar, E., Hardeli, H., Beltris, S., & Suharni, R. (2018). Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning Module. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 335, 1–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012101

Firman, Baedhowi, & Murtini, W. (2018). The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning, 3(2), 86–91. Retrieved from https://www.learntechlib.org/p/208665/

Goh, C. F., Leong, C. M., Kasmin, K., Hii, P. K., & Tan, O. K. (2017). Students’ Experiences, Learning Outcomes and Satisfaction in e-Learning. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 13(2), 117–128. https://doi.org/10.20368/1971-8829/1298

Hidayat, A. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatan Prestasi Belajar Kelas 1B SDN 1 Bantul. UIN Sunan Kalijaga.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

In’am, A., & Hajar, S. (2017). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55–70. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1125137

Malmia, W., Makatita, S. H., Syafa L. A. A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanallo, M. C. B. (2019). Problem-Based Learning as an Effort to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(9), 1140–1143.

Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Discovery Learning with Scientific Approach on Geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012033

Ratnaningsih, S. (2017). Scientific Approach of 2013 Curriculum: Teachers’ Implementation in English Languange Teaching. English Review: Journal of English Education, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i1.768

Septina, N., Farida, & Komarudin. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(2), 160–171. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200

Setiawan, D., & Wilujeng, I. (2016). The Development of Scientific Approach Based Learning Instruments Integrated with Red Onion Farming Potency 1 in Brebes Indonesia. Journal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 22–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5785

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a

Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: raja Grafindo Persada.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Cet. X). Bandung: Rosdakarya.

Published
2021-11-30
How to Cite
Arianto, Edy, St. Syamsudduha, Sri Sulasteri, Suharti Suharti, and A Sriyanti. 2021. “Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (2), 174-81. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i2.24760.
Section
Vol. 3 No. 2
Abstract viewed = 201 times