Meta Analisis Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) effect size self regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik berdasarkan koreksi pengambilan sampel hasil belajar, (2) effect size self regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik berdasarkan koreksi kesalahan pengukuran, dan (3) effect size self regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Sampel pada penelitian ini berupa jurnal yang mengkaji tentang self regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen penelitian berupa lembar dokumentasi dan analisis data menggunakan metode studi meta analisis. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) korelasi populasi rata-rata sebesar 0,385 secara signifikan terdapat korelasi positif antara self regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik, (2) koreksi populasi yang dikoreksi sebesar 0,471 secara signifikan terdapat korelasi positif antara self regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik, dan (3) nilai estimate sebesar 0,689 maka dipercaya bahwa ada korelasi positif antara self regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik dan termasuk kategori besar, tidak terdapat masalah bias publikasi pada studi meta analisis dengan nilai p > 0,05. Ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik, artinya semakin tinggi self regulated learning maka semakin tinggi pula hasil belajar matematika peserta didik. Self regulated learning semakin tinggi karena self regulated learning mampu mengatur diri peserta didik dalam belajar, mampu mengatur emosional peserta didik dalam belajar, dan mampu mengatur tingkah laku peserta didik dalam belajar. Jadi, self regulated learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik.Downloads
References
Allen. (2012). Interpersonal Communication Research Advances Through Meta-Analysis. Laurence Erlbarum Asspciates Publisher.
Ayu, A,, & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Iskandar Muda Batam. vol. 6. no. 2
Aryani. (2018). pengaruh kecemasan matematis, problem stress matematika dan self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. 06(1), 68–72.
Batara, A. R. (2018). Pengaruh Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Tallo.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Card. (2012). Applied Meta Analysis for Social Science Research. NewYork:Guilford Press.
Fauzi, A., & Widjajanti, D. B. (2018) “Self-regulated learning: the effect on student’s mathematics achievement”. Journal of Physics, h. 4.
Gafoor. (2016). Self-Regulated Learning: A Motivational Approach for Learning Mathematics. 3, 1.
Heri. (2018). pengantar meta analisis. Parama Publishing.
Huri, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.vol. 1, no. 1.
Hidayat, Adityawarman. (2018). “Meta Analisis: Pentingnya Self dan Peer Assesment dalam Pembelajaran”. Jurnal Basicedu 2, no. 1. h. 98.
Jesson. (2011). Doing Your Literature Revies Traditional and Systematic Technique. Sage Publication.
Kusumaningrum. (2016). Masalah Anak Sekolah Dasar. Gramedia.
Nindrea. (2016). Pengantar Langkah-Langkah Praktis Studi Meta Analisis. Gosyen Publishing.
Russefendi. (1990). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Tarsito.
Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Edisi Revisi. JICA-IMSTEP PROJECT.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2007). Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007). Prestasi Pustaka.
Wibowo. (2018). Peran Self Regulated Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa yang sering Mengikuti Lomba Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah. 2, 9.
Zimmerman. (1990). Self regulated learning and academic achievement: An overview”. Educational Psychologist 25. 2, 3.