Pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Materi Bangun Datar SMP

  • Andi Kusumayanti Scopus ID: 57205058556, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hendra Hendra Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Materi Bangun datar Siswa Kelas VII SMPN 3 Sungguminasa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model 4D. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap valid dan praktis yang hanya mengukur tingkat kevalidan modul dengan hasil validasi dari validator, mengukur tingkat kepraktisan modul berdasarkan angket respons guru. Tahapannya hanya sampai tahap validasi dan praktis karena selanjutnya akan dilakukan perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk lanjut, dan yang terakhir pembuatan produk secara massal. Namun, tahap selanjutnya tidak dapat dilaksanakan dikarenakan keadaan sekarang adanya Pandemi Covid-19. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respons guru. Berdasarkan hasil Validasi, diperoleh bahwa (1) hasil kevalidan terkait modul dan RPP yaitu 3,4 di mana 3,4 yang berada pada interval 2.5 ≤ M ≤ 3.5 sehingga dikategorikan valid. (2)  kriteria kepraktisan hanya berdasarkan angket respons guru untuk keseluruhan aspeknya berada pada kategori sangat positif dengan persentase 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis model pembelajaran Reciprocal Teaching Materi Bangun datar Siswa Kelas VII SMPN 3 Sungguminasa memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Andi Kusumayanti, Scopus ID: 57205058556, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=ydK3DMcAAAAJ&hl=en

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6202073&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest in Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2016 - sekarang
  • Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang

References

Ana, A. R. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Materi Pengukuran Pada Siswa Kelas V SD Se-gugus Hasanuddin Kecamatan Margadana Kota Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Arsyad, N. (2016). Model Pembelajaran Menumbuh Kembangkan Kemampuan Metakogniti. Pustaka Refleksi.

Ayu, S. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2016, ISSN: 2503-4855.

Hasan, M., Supatminingsih, T., Mustari, M., Ahmad, M. I. S., Rijal, S., & Maruf, M. I. (2020). The Development of Pocketbook Learning Media based on Mind Mapping in Introductory Economics Course. Universal Journal of Educational Research, 8(12B). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082632

Iriani, D., & Marlina, O. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Reciprocal Teaching Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi. 107–114.

Ketong, S., Burhanuddin, & Asri, W. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. 2(1), 45–54.

Komalasari. (2013). Jenis-jenis Metode Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1).

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.

Palincsar, A. S., & Brown, A. L. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension-Fostering and Comprehension-Monitoring Activities. Cognition and Instruction, 1(2). https://doi.org/10.1207/s1532690xci0102_1

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2, 58–67.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian dan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6(1).

Published
2021-11-30
How to Cite
Kusumayanti, Andi, and Hendra Hendra. 2021. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Materi Bangun Datar SMP”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (2), 122-32. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i2.25350.
Section
Vol. 3 No. 2
Abstract viewed = 207 times