Pengembangan Media Pembelajaran MyMath Berbasis Android pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel SMP/MTsN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik dalam belajar matematika yang mengakibatkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan microsoft powerpoint i-spring suite 9 & website 2 Apk Builder yang diberi nama MyMath pada pokok bahasan materi sistem persamaan linear dua variabel yang ditujukan khusus untuk pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Sederajat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model 4D (Define, Design, Deveploment, Dissemination). Adapun subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII MTsN Gowa. Uji coba media pembelajaran ini dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu uji coba skala kecil dengan melibatkan 2 sampai 6 orang peserta didik dan uji coba skala besar dengan melibatkan 20 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan angket respon peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian validator diperoleh persentase kevalidan diperoleh persentase kevalidan rata-rata sebesar 3,86 (sangat valid). Berdasarkan hasil angket respon peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,8 (sangat praktis). Sementara itu, berdasarkan hasil tes belajar matematika siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,5 yang berarti bahwa nilai tersebut telah memenuhi KKM. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan sudah layak digunakan karena telah memenuhi nilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Downloads
References
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran MathSC Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 926–938. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.322
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT. Raja Gragindo Persada.
Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interkatif Berbasis Android menggunakan I-Spring dan Apk Builder. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN, 5, 12–26.
Hasanaha, M., & Surya, E. (2017). Differences in the Abilities of Creative Thinking and Problem Solving of Students in Mathematics by Using Cooperative Learning and Learning of Problem Solving. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 34(1), 286–299.
Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Smp Kelas VIII dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.215
Juliningrum, E., & Sudiro, A. (2013). Pengaruh Kompensasi, Budaya Organisasi, terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(4), 669–670.
Mahanani, E. P., Suhito, & Mashuri. (2013). Keefektifan Model Course Review Horay Berbantuan Powerpoint pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3362
Manibuy, R., Mardiyana, M., & Sari, D. R. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi SOLO Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).
Mardianto. (2012). Pembelajaran Tematik. Medan: Perdana Publishing. Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta.
Martens, A. M., & Gainous, J. (2013). Civic Education and Democratic Capacity: How Do Teachers Teach and What Works? Social Science Quarterly, 94(4), 956–976. https://doi.org/10.1111/j.1540-6237.2012.00864.x
Maryana, Suaedi, & nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 53–61.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif. Pendekatan Pembelajaran Matematika. Graha Ilmu.
Zulfah, Z. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII MTS Negeri Sungai Tonang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12–16.