Pengembangan Media Pembelajaran AS-Math Berbasis Android Menggunakan Flipbook pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII 3 MTsN Gowa

  • Siti Zuhaerah Thalhah Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Jusmawati Jusmawati Universitas Megarezky
    (ID)
  • Arpani Ulang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pendidikan di Indonesia sudah banyak mengalami perubahan dari semua aspek pendidikan, salah satunya adalah kreatifitas seseorang yang dikreasikan dengan kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi akan memberikan ruang kepada seorang guru untuk menciptakan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar terlebih lagi semenjak diharuskan pembelajaran dilakukan dari rumah yang disebabkan oleh Covid-19, maka guru dituntut menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Flipbook merupakan salah bentuk media pembelajaran yang dapat membantu memenuhi kebutuhan belajar siswa. Jenis penelitian ini  adalah penelitian dan pengembangan sedangkan model pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Subjek dan sasaran dari penelitian adalah siswa kelas VIII 3 MTsN Gowa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil penilaian validator diperoleh persentase kevalidan rata-rata sebesar  4 (valid). Berdasarkan persentase kepraktisan diperoleh rata-rata 3,8 (praktis). Sementara itu, berdasarkan hasil tes belajar matematika siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 83,95 yang berarti bahwa nilai tersebut sudah memenuhi nilai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). The Development of Digital Flipbook Media Based on the 5 Hours Battle of Kalianda upon High School History Materials. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1003–1012. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.930

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. (2018). Developing Flipbook Multimedia: The Achievement of Informal Deductive Thinking Level. Journal on Mathematics Education, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Bab Ii Kajian Teori.

Gafar, D. S. A., Elvyanti, A. S., & Mulad, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbookdasar Teknik Digital. INVOTEC, IX(2).

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015.

Mehdipour, Y., & Zerehkafi, H. (2013). Mobile Learning for Education: Benefits and Challenges. International Journal of Computational …, 3(6), 93–101.

Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296–301.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Priatmoko, S., Saptorini, & Diniy, H. H. (2012). Penggunaan media sirkuit cerdik berbasis chemo-edutainment dalam pembelajaran larutan asam basa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2011

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 1(1), 69–79. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3457

West, D. M. (2013). Mobile Learning: Transforming Education, Engaging Students, and Improving Outcomes. Center for Technology Innovation.

Widiansyah, A. T., Indriwati, S. E., Munzil, & Fauzi, A. (2018). I-Invertebrata as an Android-Based Learning Media For Molluscs, Arthropods, And Echinoderms Identification And Its Influence On Students’ Motivation. Indonesian Journal of Biology Education, 4(1), 43–52.

Published
2021-11-30
How to Cite
Thalhah, Siti Zuhaerah, Jusmawati Jusmawati, and Arpani Ulang. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran AS-Math Berbasis Android Menggunakan Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII 3 MTsN Gowa”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (2), 193-203. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i2.25386.
Section
Vol. 3 No. 2
Abstract viewed = 188 times