Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik kelas VIII

  • Diah Nadila Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Dian Angriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Digital, Kreativitas Guru, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemamapuan literasi digital peserta didik dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN Gowa yang berjumlah 200 peserta didik dan sampel sebanyak 67 peserta didik. Beradasarkan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa (1) Kemampuan literasi digital peserta didik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTsN Gowa sebesar 12,6%, (2) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTsN Gowa sebesar 10,5%, (3) Kemampuan literasi digital peserta didik dan kreativitas guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTsN Gowa sebesar 17,7%. Dengan demikian,  jika kemampuan literasi digital peserta didik dan kreativitas guru meningkat, maka prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa juga akan meningkat.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asrori, M. A., & Muhammad. (2006). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara.

Fitriah. (2015). Teaching Material. Itqan , pp. 41-49.

Hamdani. (2011). Strategi Balajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hamzah B. Uno & Nurdin, M. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara

Lisa, S. H. C. D. (2022). Strengthening Teacher Creativity Models through Empirical Studies in High Schools. Journal of Industrial Engineering & Management Research , 148-169.

Lyon, G. R. (1996). Learning Disabilities. Kumamoto Medical Journal, 45(3), 54–75. https://doi.org/10.1097/00004703-199712000-00024

Marlina Eliyanti S., Marini A., Nafiah M., V. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa. 8(2), 532–542.

Mariane Umar (2018). PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo Volume V Nomor 2 Desember 2018. V, 68–77.

Mas'ud, P. J. M. (2021). The Relevance of Speaking Skills with Improving Digital Literacy Skills. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences , 669-678.

Munandar, U. (2002). Kreatifitas & Berbakat. Jawa Timur: Gramedia Pustaka Utama.

Murni, S. R. (2020). Teacher Creativity in Class Management for Children With Special Needs (ABK) at Inclusive Schools In Sabang City. International Journal of Islamic Studies and Social Sciences , 240-256.

National, G., & Pillars, H. (n.d.). No 1–6.

Paul, G. (2007). Digital Literacy.

Senol, A. B. (2021). The Predictive Efect of Digital Literacy, Self Control and Motivation on the Academic Achievement in the Science, Technology and Society Learning Area. Journal of Computers in Education .

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bina Aksara, Jakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Vasudevan, H. (2013). The Influence of Teachers’ Creativity, Attitude and Commitment on Students' Proficiency of the English Language. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) , 12-19.

Diterbitkan
2022-12-01
Bagian
Vol. 4 No. 2
Abstrak viewed = 246 times