Perceraian dalam Perundang-Undangan Negara Muslim (Studi Perbandingan Hukum Keluarga Islam Pakistan, Mesir dan Indonesia)

  • Nur Taufiq Sanusi Universitas Islam Negeri Makassar
    (ID)

Abstract

Proses hukum perceraian dalam perundang-undangan di Negara muslim, yang mengambil obyek penelitian pada tiga negara Muslim, yaitu Pakistan, Mesir dan Indonesia. penelitian ini bersifat deskriptif-komparatif. Faktor sosiologis dan historis mempengaruhi pembentukan hukum pada masing-masing negara dan pengaruh fikih klasik. Persamaan aturan perceraian di Pakistan, Mesir dan Indonesia khususnya dan kebanyakan negara-negara Muslim lainnya secara umum telah menjalankan versi hukum keluarga Islam yang telah dikodifikasi, termasuk persoalan perceraian dan proseduralnya. Perbedaan aturan perceraian dalam perundang-undangan Pakistan, Mesir dan Indonesia juga memiliki perbedaan-perbedaan antara lain pada persoalan tenggang waktu dari pencatatan sampai kepada jatuhnya talak.

References

Anderson, J. N. D, Islamic Law In Modern World, London: Oxford University Press, 1959.

------------, J. N. D, Law Reform In The Muslim World, London: Athlon Press, 1976.

Bisri, Cik Hasan, “ Kompilasi Hukum Islam Dalam Sistem Hukum Nasional”, dalam Cik Hasan Bisri (ed), Kompilasi Hukum Islam Dan Peradilan Agama Dalam Sistem Hukum Nasional. Cet. II, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Dasuqi, Muhammad, Al- Ijtihad Wa al- Taqlid Fi al - Syari’ah al-Islamiyah, Qatar: Dar al Tsaqafah al-Islamiyah, 1987.

Esposito, John L, Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern, Bandung: Mizan, 2000

-----------, John L, “ The Debate Over Family Law Reform In Pakistan ”, dalam John L. Esposito dan John Donohue, Islam In Transition Muslm Perspective, New York: Oxford University Press, 1982.

Halim, Abdul, Peradilan Agama Dalam Politik Hukum Di Indonesia: Dari Otoriter Konservatif Menuju Konfigurasi Demokrasi-Responsif. Cet. I, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.

Harahap, Yahya, “Informasi Materi Kompilasi Hukum Islam”, dalam Cik Hasan Bisri (ed), Kompilasi Hukum Islam Dan Peradilan Agama Dalam Sistem Hukum Nasional, cet. II, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1999.

Hardy, Peter, “Islam and Muslim In South Asia”, dalam Raphael Israeli, The Crescent In The East: Islam In Asia Mayor, USA: Curzon Press, 1982.

Islam, Nazrul M, Pakistan and Malaysia: A Comparative Study In National Integration, New Delhi: Sterling Publisher Private Limited, 1989.

Mahmood, Tahir, Family Law Reform in The Muslim Worl, Bombay: Tripathi PVD LTD, 1972.

-------------, Tahir, Personal Law in Islamic Countries History, Teks and Comparative Analysis, New Delhi: Time Press, 1987.

Mukti Arto, Praktek Perkara Perdata Pada Pengadilan Agama. Cet. III, Yogyakarta: Putaka Pelajar, 200:

Pearl, David, “Three Decades of Exekutif, Legislatif and Judicial Amandements to Islamic Familiy Law in Pakistan”, dalam Chibli Mallat (eds), Islamic Family Law, USA: Graham and Trotman, 1990.

Praja, Juhaya S, Hukum Islam Di Indonesia: Pemikiran Dan Praktik. Cet. II, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.

Rasyid, Sulaiman, Fiqhi Islam. Cet. XVII, Jakarta: Penerbit ath-Thahiriyah, 1976.

Weiss, Anita M, “Implications of The Islamization Program for Women”, dalam Anita M. Weiss (ed), Islamic Reassertion in Pakistan, New York: Syracuse niversity Press, 1986

Zuhaili, Wahbah al-, Ushul al-Fiqh al-Islam, Damaskus: Dar al-Fikr, 1986.

Published
2018-01-09
How to Cite
Sanusi, N. T. (2018). Perceraian dalam Perundang-Undangan Negara Muslim (Studi Perbandingan Hukum Keluarga Islam Pakistan, Mesir dan Indonesia). Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam, 4(2), 323-344. https://doi.org/10.24252/al-qadau.v4i2.5746
Section
Artikel
Abstract viewed = 3352 times