HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES PENGASUHAN IBU DENGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Lubnaa Sulistiyani Kartiko UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • Saharuddin
    (ID)
  • Andi Tihardimanto
    (ID)
  • Nadyah Haruna
    (ID)
  • Mukhtar Lutfi
    (ID)
Kata Kunci: Dukungan Sosial, Stress Pengasuhan, Sekolah Dasar, Pandemi Covid-19

Abstrak

Pandemi Covid-19 adalah pemicu stres yang berasal dari luar sistem keluarga, persepsi orang tua tentang situasi pandemi dan terhadap sulitnya menghadapi banyak kebijakan baru seperti karantina dan School from Home (SFH) secara signifikan berkaitan dengan stres orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan stres pengasuhan pada ibu dengan anak sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif di SDN Sambung Jawa Makassar dengAn desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu berjumlah 300 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah Ibu dari anak sekolah dasar yang memenuhi kriteria eksklusi dan inklusi dihitung menggunakan rumus slovin sebanyak 171 orang. Penelitian dilakukan dengan pengisian kuesioner demografik, kuesioner dukungan sosial, dan kuesioner Parenting Stress Index secara online yang diolah menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara dukungan sosial dengan stres pengasuhan pada ibu dengan anak usia sekolah dasar.

Referensi

Fatwikiningsih N, Fajriyah L. Perbedaan Pola Hubungan antara Orang Tua dan Anak Usia Dini Ditinjau dari Tingkat Stres Pengasuhan pada Masa Pandemi Covid-19. J Ashil J Pendidik Anak Usia Dini. 2021;1(1):20–36.

Pfefferbaum B, North C. Mental Health and the Covid-19 Pandemic. N Engl J Med. 2020;383(6):510–1.

Cucinotta D, Vanelli M. WHO declares COVID-19 a pandemic. Vol. 91, Acta Biomedica. Mattioli 1885; 2020. p. 157–60.

Yuwono SD. Profil Kondisi Stres Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Dasar Intervensi Dalam Praktek Mikrokonseling. Ristekdik J Bimbing dan Konseling. 2020;5(1):132–8.

Spinelli M, Lionetti F, Pastore M, Fasolo M. Parents’ Stress and Children’s Psychological Problems in Families Facing the COVID-19 Outbreak in Italy. Front Psychol. 2020 Jul 3;11.

Fernianti A. Analisis Tingkat Stress Orang Tua Ketika Mengasuh Anak Selama Masa Pandemi. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2022;6(3):2276–86.

Susilowati E, Azzasyofia M. The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of COVID-19 Pandemic in Indonesia. Int J Sci Soc. 2020;2(3):1–12.

Yunus M, Wahyuni S, Hasanah O. Gambaran Stres Pengasuhan pada Orangtua dengan Anak Usia Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. NERS J Keperawatan. 2022;18(1):46–57.

Kumalasari D, Gani I. Mengasuh Anak Usia Prasekolah Vs Anak Usia Sekolah Dasar: Manakah yang Lebih Menimbulkan Stres Pengasuhan pada Ibu? Personifikasi. 2020;11(2):146–59.

Faqih F. Sepanjang 2020, Terjadi 467 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Makassar. 2020; Available from: https://www.merdeka.com/peristiwa/sepanjang-2020-terjadi-467-kasus-kekerasan-terhadap-perempuan-dan-anak-di-makassar.html

Chairini N. Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pengasuhan pada ibu dengan anak usia prasekolah di posyandu kemiri muka. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta; 2013.

Abidin RR. Parenting Stress Index (PSI) manual (3rd ed.),. Pediatr Psychol Press. 1995;88–90.

Juniarti Y, Nurlaeni. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun [Internet]. Vol. 2, Jurnal Pelita PAUD. 2017. Available from: http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud

Amalia RP, Abidin FA, Lubis FY. Parenting Stress , Mothers ’ Perception of Covid -19 , and Supportive Parenting Abstract. J Ilmu Kel dan Konsum. 2022;15(1):51–62.

Wu Q, Xu Y. Parenting stress and risk of child maltreatment during the COVID-19 pandemic: A family stress theory-informed perspective. Dev Child Welf. 2020 Sep 1;2(3):180–96.

Fegert JM, Vitiello B, Plener PL, Clemens V. Challenges and burden of the Coronavirus 2019 (COVID-19) pandemic for child and adolescent mental health: A narrative review to highlight clinical and research needs in the acute phase and the long return to normality. Vol. 14, Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health. BioMed Central; 2020.

Evalista M, Razak A. Pengaruh Stres Pengasuhan Dan Dukungan Sosial Keluarga Sebagai Variabel Moderator Terhadap Kebahagiaan Ibu. METAPSIKOLOGI J Ilm Kaji Psikol. 2022;1(November):1–8.

Diterbitkan
2023-03-16
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 107 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

> >>