PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

  • A. Sriyanti Scopus ID: 57202609178, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Destria Rafina Aziz Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Rahman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Abbas Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Munirah Munirah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap sesuai namanya yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan dan tahap implementasi yang hanya mengukur kevalidan dan tingkat kepraktisan bahan ajar menggunakan lembar validasi dan angket respons guru, tahap selanjutnya tidak dapat dilaksanakan disebabkan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan peserta didik di rumahkan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respons guru. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) hasil validasi untuk bahan ajar dan RPP adalah 4 dan 4,2 yang berada pada interval 3 ≤ M ≤ 4,5 sehingga dikategorikan valid. (2) Praktis, tahap ini hanya menggunakan angket respons guru. Keseluruhan aspek berada pada kategori sangat positif dengan persentase 85% sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the process of developing teaching material based on constructivism on linear equation system with two variables in class VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. The type of research is research and development (R&D) by referring to the ADDIE development model which consist of 5 stages as the name implies, namely, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research is limited to the development stage and the implementation stage which only measures the validity and practicality of teaching material using validation sheets and teacher response questionnaire, the next stage cannot be carried out due to covid-19 pandemic that requires learners to be sent home. The instruments used in this study were the validation sheet and the teacher response questionnaire. Based on the results of the study, it was found that (1) the validation results for teaching material and lesson plan were 4 and 4.2 which were at intervals of 3 ≤ M ≤ 4.5 so that it is in valid category, (2) practice, this stage only uses teacher response questionnaire. All aspects in the very positive category with a percentage of 85%. So, it can be concluded that teaching material based on constructivism on the linear equation system with two variables for class VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa meet the validity and practicality criteria.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

A. Sriyanti, Scopus ID: 57202609178, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=PX0eYe0AAAAJ&hl=en

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6017052&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2015 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) Auladuna : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2018-sekarang
Contact Person: Hp. +6282346083545 email: [email protected]

References

Artiono, O. P. (2015). Pengembangan buku ajar matematika dengan pendekatan konstruktivisme untuk siswa kelas V SDIT Internasional Luqman AL-Hakim Yogyakarta kelas Bilingual. Jurnal Pengembangan Bahan Ajar, 1–10.

Depdiknas. (2006). Pedoman memilih dan menyusun bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.

Gafur, A. (2012). Desain pembelajaran: konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar ilmu pendidikan (Cet. 10). Jakarta: Rajawali Pres.

Hidayanto, Taufiq, & Irawan, E. B. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis realistik mathematic education untuk membangun kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP Kelas VIII pada materi fungsi. Jurnal Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://jurnal-daring.um.ac.id.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 2(1).

Ibrahim, A., Abdullah, I., & Mayawi. (2015). Pengertian, peran dan fungsi kurikulum. Retrieved from https://www.slideshare.net/mobile/mayawi/pengertian-45817652.

Judding, M. (2018). Pengembangan bahan ajar pendidikan agama islam berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi berani hidup jujur kelas XI SMAN 2 Gowa.

Molenda, M. (2003). Educational technology: an encyclopedia. Retrieved from http://www.indiana.edu/molpage/The ADDIE Model_Encyclo.pdf.

Oktavianti, S. F., & Putra, F. G. (2018). Implementasi model osborn dengan teknik mnemonic melalui teori konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 95–103. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a9.

Prabawati, D. (2018). Penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi: implementasi model ADDIE. Jakarta: Kencana.

Rafiqah. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme (Cet. I). Makassar: Uin Alauddin Press.

Sarah, D., Risnawati, & Amir, Z. (2018). Pengembangan modul bebasis pendekatan konstruktivisme untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Atas di Pekanbaru. Juring: Journal for Research in Mathematic Learning, 1(3), 199–206.

Setiawan, H. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika bab integral berbasis konstruktivis pada siswa kelas XII IPA. Jurnal Inovasi, 18(2), 31–40.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran matematika dalam perspektif konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73. Retrieved from http:jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/download/188/175.

Siahaan, F. B. (2005). Pembelajaran matematika menurut teori belajar konstruktivisme. Jurnal Ilmiah Best, 07(01), 16–22.

Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma penelitian pendidikan (Cetakan I). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subandi. (2013). Supervisi pendidikan untuk pengembangan profesionalitas guru berkelanjutan. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan, XIII(2), 1–9.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarsih. (2009). Implementasi teori pembelajaran konstruktivistik dalam pembelajaran mata kuliah dasar-dasar bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(1), 54–62.

Uliana, R. G. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 163–191. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.

Published
2020-11-23
How to Cite
Sriyanti, A., Aziz, D. R., Rahman, U., Abbas, B., & Munirah, M. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 189-201. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16050
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 486 times