PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Miranda Utama Universitas Balikpapan
    (ID)
  • Tri Hariyati Nur Indah Sari Universitas Balikpapan
    (ID)
  • Nur Ismiyati Universitas Balikpapan
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan verbal, penyesuaian diri, serta kemampuan verbal dan penyesuaian diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berasal dari 180 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Balikpapan. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan mendapatkan 125 siswa yang terlibat sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa. Selanjutnya, hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,297 (Sig. > 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kemudian, hasil uji F menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan verbal dan penyesuaian diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa. Selain itu, faktor kondisi seperti perubahan kebiasaan siswa yang awalnya belajar secara tatap muka di sekolah berubah menjadi pembelajaran secara online dapat mempengaruhi pencapaian prestasi belajar matematika siswa karena membutuhkan kesiapan dan penyesuaian diri yang matang pada siswa maupun pendidik.

 

Abstract

The research aims to know the effect of verbal ability, self-adjustment, verbal ability and self-adjustment simultaneously toward student’s mathematic achievement. This research is ex-post facto research using a quantitative approach. The population came from 180 students of XI grade science class SMA Negeri 8 Balikpapan. This research used the Slovin formula and obtained 125 students involved a sample. This research used test and questionnaire as the instrument in this research. The data were analyzed using simple and multiple regression. The t-test result showed a significance value of 0,000 (Sig. < 0,05), so it could be concluded that there was an effect of verbal ability on students’ mathematic achievement. Next, the t-test result showed a significance value of 0,297 (Sig. > 0,05), so it could be concluded that there was no effect of self-adjustment on students’ mathematic achievement. Then, the F-test result showed a significance value of 0,000 (Sig. < 0,05), so it could be concluded that there was an effect of verbal ability and self-adjustment simultaneously on students’ mathematic achievement. Other than that, the condition factors such as changes in the habits of students who initially learn face-to-face at school turning into online learning can affect student achievement in mathematics learning because it requires mature readiness and adjustment in students and educators.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A. N. (2016). Hubungan kemampuan penyesuaian diri dan pola berpikir dengan kemandirian belajar serta dampaknya pada prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1943–1951.

Astuti, D., Susilo, G., & Sari, T. H. N. I. (2018). Pengaruh konsentrasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 42–53. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.25.

Costa, A., Hanurawan, F., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2018). The impact of self-adjustment on academic achievement of the students. ISLLAC, 2(1), 1–6.

Damayanti, E. (2015). Peran belajar berdasarkan regulasi diri dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswi madrasah tsanawiyah muallimat yogyakarta. Jurnal Biotek, 3(2), 54–69.

Daniyati, N. A., & Sugiman. (2015). Hubungan antara kemampuan verbal, kemampuan interpersonal, dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 50–60.

Inayati, Z. F., & Savira, S. I. (2017). Hubungan antara penyesuaian diri dan regulasi emosi dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 4 Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(1), 1–6.

Ismiyati, N. (2019). Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.35.

Kasari, W., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan antara penyesuaian diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas X di SMA Negeri 8 Purwokerto. Empati, 7(Nomor 1), 368–372.

Lestari, N. A. P. (2019). Pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matemtika dengan kovariabel kemampuan numerik dan kemampuan verbal. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 72–87.

Lidya, S. F., & Darmayanti, N. (2015). Self-efficacy akademik dan penyesuaian diri siswa Kelas X SMA Patra Nusa. DIVERSITA, 1(1), 43–55.

Luzyawati, L. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA materi alat indera melalui model pembelajaran inquiry pictorial riddle. EduSains, 5(2), 9–21.

Malmia, W., & Papalia, I. (2019). Pengaruh kemampuan verbal dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP 12 Buru. Jurnal JP3, 9(1), 724–732.

Nahak, Y. L., Amsikan, S., & Binsasi, E. (2019). Pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa SMPS Katolik Aurora Kefamenanu. Jurnal Saintek Lahan Kering, 2(1), 10–12.

Nurhatianti, R., & Karlimah. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas II SD pada penyelesaian soal cerita perkalian bilangan pecahan. PEDADIDAKTIKA, 5(2), 119–128.

Parerungan, R. H. (2018). Kompetensi kerja dan penyesuaian diri pada fresh graduate fakultas keguruan dan ilmu pendidikan di universitas mulawarman yang tidak bekerja sebagai guru. Psikoborneo, 6(4), 846–856.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap Proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns, 2(1), 2716–4446.

Rustam. (2015). Hubungan kemampuan verbal dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 22(1).

Sardia, & Saharuddin, A. (2017). Pengaruh kemampuan verbal dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar fisika siswa berkepribadan sanguinis dan koleris di SMA N 1 Baraka. Jurnal Edumaspul, 1(1), 9–14.

Sari, T. H. N. I. (2016). Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa SMP. Matematika Jurnal, 3(2), 22–35.

Tania, L. R., Hadiwinarto, & Sinthia, R. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku penyesuaian diri yang salah pada Siswa SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. ONSILIA, 1(3), 79–90.

Wahyudin. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. BETA: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148–160.

Yunarni, A., Awi, D., & Asdar. (2015). Profil pemahaman notasi aljabar ditinjau dari kemampuan verbal siswa di kelas V Sekolah Dasar. DAYA MATEMATIS, 3(1), 1–9.

Published
2020-11-22
How to Cite
Utama, M., Sari, T. H. N. I., & Ismiyati, N. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 160-169. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.17349
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 648 times