PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM FISIKA KURIKULUM 2013

  • Dewi Sartika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Santih Anggereni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ali Umar Dani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suhardiman Suhardiman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan, tingkat keefektifan dan kevalidan dari instrumen penilaian kinerja pada mata pelajaran fisika kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 14 Gowa. Jenis dari penelitian ini yaitu Research and Development mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Komponen yang dikembangkan pada penelitian ini adalah perangkat penilaian unjuk kerja praktikum fisika kurikulum 2013. Teknik dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Dari hasil penelitian diketahui prosedur pengembangan melalui 7 tahapan sehingga diperoleh instrumen penilaian kinerja pada pelajaran fisika kelas XI IPA yang layak. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan scientific approach diperoleh hasil kevalidan pada instrumen penilaian kinerja yang telah direvisi sebanyak 2 kali. Instrumen penilaian kinerja telah memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata 0,81. Uji coba keefektifan pada instrumen memperoleh skor persentase 100% termasuk dalam kategori efektif. Hal tersebut mengindikasikan bahwa instrumen pada penilaian kinerja yang telah dikembangkan layak digunakan pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 14 Gowa.

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the development procedure, the level of effectiveness and validity of the performance assessment instrument in physics class XI IPA 1 at SMA Negeri 14 Gowa. The type of this research is Research and Development which refers to the Borg and Gall development model. The component developed in this study was a 2013 curriculum physics practicum performance assessment tool. The technique of collecting data in this study was using a questionnaire. From the research results, it is known that the development procedure through 7 stages in order to obtain a proper performance assessment instrument in physics class XI IPA. Based on the results of data analysis using the scientific approach, the validity results of the performance assessment instrument were revised 2 times. The performance assessment instrument has met the valid category with an average score of 0.81. Testing the effectiveness of the instrument to obtain a percentage score of 100% is included in the effective category. This indicates that the instrument for performance assessment that has been developed is suitable for using in class XI IPA 1 SMA Negeri 14 Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsmini. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Borg and Gall. (2003). Educational research, an introduction. New York: Longman Inc.

BSNP. (2007). Panduan penilaian kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Earl, Kerry and David Giles. (2011). “Assessment in learning.” University of Waikato 8(1).

Gullicson, Amy. (2007). “Review of Practical assesment, research and evaluation.” United State America: Western Michighan University.

Hermanto, Bambang. (2020). “Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.” 11(2):52–59.

Majid, Abdul. (2013). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT. Romaja Rosdakarya Offset.

Marhaeni, A. A. I. N. and L. P. Artini. (2015). “Asesmen autentik dan pendidikan bermakna: implementasi kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4(1).

Munfaridah, Nuril, Putri Rizky Hardita, and Sentot Kusairi. (2016). “Pengembangan instrumen performance assesment berbantuan komputer pada materi optik, kalor, dan listrik.” Universitas Negeri Malang 5(1).

Mustami, Muhammad Khalifah and Gufran Darma Dirawan. (2015). “Development of worksheet students oriented scientific approach at subject of biology.”

Nurgiyantoro. (2010). Penilaian pembelajaran bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Pantiwati, Yuni. (2020). “Asesmen autentik dalam kegiatan praktik pembelajaran sains.”

Subagia, Chandra and DIan Novita. (2017). “Pengembangan instrumen penilaian kinerja (perfomance assessment) untuk menilai keterampilan proses sains peserta didik pada materi reaksi eksoterm dan endoterm kelas XI SMA.” Journal of Chemical Education 6(3).

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zainuddin. (2015). “Implementasi kurikulum 2013 dalam membentuk karakter anak bangsa.” Jurnal Islam Kebudayaan 9(1).

Zamili, Uranus. (2020). “Peranan guru dalam pengembangan kurikulum.” 6(3), 11–18.

Published
2020-11-30
How to Cite
Sartika, D., Anggereni, S., Dani, A. U., & Suhardiman, S. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM FISIKA KURIKULUM 2013. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 267-273. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.17682
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 646 times