KARAKTERISTIK NILAI DAN MORALITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM

  • A. Marjuni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Karakteristik nilai dasar dan moralitas kepemimpinan merupakan sebuah tolok ukur yang dapat mempengaruhi perilaku manusia dalam situasi tertentu. Jika dikaitkan dengan kepemimpinan, nilai dasar berarti tolok ukur yang mendasari perilaku seorang pemimpin dalam melaksanakan kepemimpinannya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui karakteristik dari nilai dan moralitas kepemimpinan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan berusaha mengumpulkan informasi kepustakaan, baik melalui catatan, berbagai buku, jurnal, maupun penelitian terdahulu. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa karakteristik kepemimpinan harus visioner agar dapat membawa orang-orang dan organisasi menjadi lebih maju dari sebelumnya. Bahkan tidak sekedar mengalami perkembangan tetapi juga dapat mempertahankan apa yang telah diraih sampai pada beberapa generasi. Pemimpin yang efektif adalah seorang yang sangat responsif, terhadap setiap persoalan, kebutuhan, harapan dan impian dari yang dipimpinnya. Jika dikaitkan dengan moralitas kepemimpinan Islam maka perbuatan seorang pemimpin yang dianggap baik dan benar, dari sisi agama mencerminkan akhlakul karimah dan dari sisi sosial mencerminkan tindakan yang beradab. Seorang pemimpin yang bermoral pasti memiliki akhlak yang baik (akhlakul karimah) dan tindakannya merupakan tindakan beradab yang dianggap baik dan benar oleh masyarakat pada umumnya.

 

Abstract

Characteristics of basic values and leadership morality are benchmarks that can influence human behavior in certain situations. When associated with leadership, basic values mean the benchmarks that underlie the behavior of a leader in carrying out his leadership. This research was conducted to find out the characteristics of the values and morality of Islamic education leadership. This research is a library research by trying to collect library information, either through notes, various books, journals, or previous research. Based on the analysis done it can be known that the characteristics of leadership must be visionary in order to bring people and organizations to be more advanced than before. Even not only experiencing development but also being able to maintain what has been achieved through several generations. An effective leader is someone who is very responsive, to every problem, need, hope and dream of the person he leads. If it is related to the morality of Islamic leadership, the actions of a leader which are considered good and right, from a religious perspective reflect morality and from a social perspective reflect civilized actions. A moral leader must have good morals (akhlakul karimah) and his actions are civilized actions that are considered good and right by society in general.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, C. (2017). Pengaruh kepemimpinan islam dan motivasi kerja islam terhadap kinerja karyawan. Istithmar Journal, 1(1), 11–29. https://doi.org/10.30762/itr.v1i1.936.

Burhanuddin. (2019). Kepemimpinan pendidikan Islam. AL-QALAM Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 11(1), 1–6. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v1i1.44.

Djihadah, N. (2020). Kecerdasan emosional dan kepemimpinan kepala madrasah dalam aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-01.

Efendi, N. (2015). Islamic educational leadership, Cet. I. Yogyakarta: Kalimedia.

Hemphill, J. K., & Coons, A. E. (1957). Development of the leader behavior description questionnaire. In In R.M.Stogdill & A.E.Coons (Eds), Leader behavior: Its Description and Measurement. Colombus: Bureau of Business Research, Ohio state University.

Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, Cet. I. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

House, R. J. (1976). A theory of charismatic leadership. In J. G Hunt and L. L. Larson (Eds), Leadership: The cutting edge. Carbondale: Southern Illinois University Press.

Ivancevich. (2008). Human resources management. Singapore: McGraw-Hill International.

Khumaini, F., & Wiranata, R. R. S. (2019). Kepemimpinan dalam pendidikan Islam. FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1–17.

Maimunah. (2017). Kepemimpinan dalam perspektif Islam dan dasar konseptualnya. Jurnal Al-Afkar, 5(1), 59–82. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.133.

Noor, J. (2013). Penelitian ilmu manajemen (tinjauan filosofis dan praktis).Jakarta: Kencana.

Peramesti, N., & Kusmana, D. (2018). Kepemimpinan ideal pada era generasi milenial. Jurnal Manajemen Pemerintahan, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.33701/jt.v10i1.413.

Pertiwi, A. K., Cahyani, S. S. A., Diana, R. C., & Gunawan, I. (2017). Kepemimpinan berbasis nilai dan etika : suatu kajian interaksi simbolik kyai dan santri. Seminar Nasional Pendidikan – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 1–9. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Adhe-Kusuma-Pertiwi-Sinta-Septia-Anggra-Cahyani.pdf

Qodratillah, M. T. (2011). Kamus bahasa indonesia untuk pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Rivai, V., Bachtiar, & Amar, B. R. (2014). Pemimpin dan kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rosyadi, K. (2004). Pendidikan profetik, Cet. I. Pustaka Pelajar.

Rusnadi, & Hafidhah. (2019). Nilai dasar dan moralitas kepemimpinan pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XVI(2), 223–244. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-06.

Shulhan, M. (2004). Administrasi pendidikan, Cet. I. Surabaya: Bina Ilmu.

Susanti, S. S. (2019). Moralitas kepemimpinan pendidikan berlandaskan agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi. AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, II(3), 317–376. http://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/30.

Syadzili, M. F. R. (2018). Model kepemimpinan dan pengembangan potensi pemimpin pendidikan Islam. Jurnal Cendekia, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.54.

Syam, A. R. (2017). Konsep kepemimpinan bermutu dalam pendidikan Islam. At-Ta’dib, 12(2), 49–69. https://doi.org/x.doi.org/10.21111/at-tadib.v12i2.1214.

Usman, H. (2014). Manajemen teori, praktik, dan riset pendidikan (4th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, J. (2020). Nilai moralitas kepemimpinan pendidikan Islam. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 59–67. https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.14124.

Yulk, G. (2010). Leadership in organization. Singapore: Prentice Hall International.

Published
2021-02-17
How to Cite
Marjuni, A. (2021). KARAKTERISTIK NILAI DAN MORALITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.19046
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 1724 times