PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MIND MAPPING

  • Andi Dian Angriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-8944-1974
  • Rezkiani Rezkiani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Afiif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti Suharti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa proses pembelajaran di kelas belum maksimal. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan maksud ingin meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui pengaplikasian model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping. Siswa kelas X MIA 1 dengan kemampuan yang heterogen berjumlah 34 orang dipilih menjadi subyek dari penelitian ini. Penyelenggaraan penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Makassar. Kegiatan penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklus mempunyai tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan prinsip observasi dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapatkan secara kualitatif mengalami perubahan, siswa menjadi antusias mengikuti pembelajaran. Sementara hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa secara menyeluruh terjadi kemajuan pada pemahaman konsep matematika siswa setelah mengaplikasikan pembelajaran Two Stay Two Stray yang berbantuan Mind Mapping.


Abstract

Students' understanding of mathematical concepts is still low. This indicates that the learning process in the classroom is not optimal. This research includes classroom action research (CAR) which was conducted with the intention of increasing students understanding of mathematical concepts through the application of the Two Stay Two Stray (TSTS) learning model. Students from class X MIA 1 with heterogeneous abilities amounted to 34 people were chosen to be the subjects of this study. The research was conducted at SMA Negeri 11 Makassar. The research activity was carried out in 2 cycles, each cycle having stages, namely planning, acting, observing, and reflecting. Data collection was carried out using the principle of observation and tests given at the end of each cycle. The collected data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. The results obtained were qualitatively changed, students become enthusiastic about participating in learning. Meanwhile, the results of the quantitative analysis show that overall progress has occurred in the understanding of students mathematical concepts after applying to learn Two Stay Two Stray which is assisted by Mind Mapping.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Andi Dian Angriani, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
<html>
 <head>
<link type="text/css" rel="stylesheet" href="https://www.dropbox.com/s/trsldt0me90jzs8/resume.css"/>
<title></title>
</head>
<body>
<div id="header">
<p id="name"><strong>ANDI DIAN ANGRIANI</strong></p>
         <a href="mailto:[email protected]"</p></a>
     </div>
     <div class="left">
     </div>
     <div class="right">
            <h3><strong>DECRIPTION</strong></h3>
                <li>Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Makassar</li>
                <li>Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar</li>
        <li>I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
            I interest to Mathematics Education, Geometry, Mathematics Computation, and Statistical Computation. My research about mathematics education.
            </ul>
            <p id="job-responsibilities"><strong>EXPERIENCE</strong></p>
            <p>
            <ul>
                <li>USAID PRIORITAS, as LPTK Facilitator, 2013-2017</li>
        <li>Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016-sekarang</li>
        <li>Tim Pengelola MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang</li>
            </p>
            </ul>    
        <h3><strong>CERTIFICATIONS / AWARDS</strong></h3>
            <p>
            <ul>
                <li>Fasilitator Pelatihan dalam Pelaksanaan Program USAID PRIORITAS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar di Indonesia</li>
        <h3><strong>EVENTS AND WORKSHOPS</strong></h3>
            <p>
            <ul>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Pedagogy SMP/MTs Untuk Dosen LPTK, 2013</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Training TTI Pedagogy Lecturers in Curricula & Materials (Literacy, Math, and Science), 2014</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan untuk Pelatih -Tingkat Provinsi II Praktik yang Baik dalam Pembelajaran dan Manajemen SMP dan MTs, 2014</li>
        <li>Resource Person dalam Kegiatan Workshop 1, 2, & 3 Developing Teacher Training Curricula and Materials-Primary Mathematics, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya ke-1 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Sekolah Mitra Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya ke-2 dan ke-3 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Sekolah Mitra Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan tentang Buku Sumber untuk Dosen LPTK: “Pembelajaran Literasi SD/MI dan SMP/MTs, IPA SD/MI, Matematika SD/MI”, 2015</li>
        <li>Support Dissemination in TTIs; Training Pedagogy Lectures & TTI Partner School Secondary (Modul 1&2), 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan tingkat Provinsi III untuk Pelatih: Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SMP dan MTs, 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Orientasi Peningkatan Keterampilan Dasar dan Teknik Instruksional (PEKERTI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Angkatan I, 2015</li>
        <li>Fasilitator dalam Kegiatan Pelatihan Modul III - Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SMP dan MTs bagi Sekolah Lab dan Mitra LPTK, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Sosialisasi Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi SD/MI: Bahan Rujukan bagi LPTK, 2016</li>
        <li>Narasumber dalam kegiatan Lokakarya Nasional Adaptasi Modul Sekolah Praktik yang Baik: Pembelajaran Matematika dan IPA untuk SD/MI dan SMP/MTs, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Seminar dan Lokakarya “Penataan  Kinerja Akademik Dosen” FTK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Pengembangan Modul Pelatihan Tingkat SD/MI bagi Dosen LPTK, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Guru Pamong untuk meningkatkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa LPTK (SD/MI), 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Terpublikasi EBSCO dan SCOPUS, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Pengenalan Statistika Deskriptif dengan R, 2017</li>
        <li>Narasumber Pembekalan PPL Mahasiswa Angkatan IV FTK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
        <li>Peserta dalam Kegiatan Workshop Open Journal System (OJS), 2017</li>
    <ul>
    </p>
                </div>
     <div id="footer"></div>
    </body>
</html>

References

Agustyaningrum, N., & Simanungkalit, H. T. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran mind mapping terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam Tahun Ajaran 2014/2015. Pythagoras, 5(1). https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/237

Arianti, R, Haedar A, & Sirajuddin, S. (2017). Penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada jurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang. Jurnal Office, 3(2). https://doi.org/10.26858/jo.v3i2.8938.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62.

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui Realistic Mathematics Education berbantuan alat peraga bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280.

Harahap, K. A., & Surya, E. (2017). Application of cooperative learning model with type of two stay two stray to improve result of mathematics teaching. IJSBAR (International Journal of Sciences: Basic and Applied Research), 33(2), 156–165. https://gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/7370.

Hasanah, M. (2020). Pembelajaran kooperatif tipe TSTS untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Jurnal AXIOMA: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 20–26. https://doi.org/10.36835/axi.v5i1.540.

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di SMP Negeri 1 Tukka. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 70–77. https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.133.

Johari, I., Harianja, M., & Pujiastuti, E. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas X MIPA 6 SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 384–388. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28959.

Kompas. (2016). Daya imajinasi siswa lemah. Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah?page=all.

Mattoliang, L. A., Khidayati, P., Nur, F., & Rasyid, M. R. (2020). Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa antara media macromedia flash dan media powerpoint dalam model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. AJME (Alauddin Journal of Mathematics Education), 2(1), 42–52. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.12430.

Mufidah, A., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L. A. (2019). Analisis pemahaman konsep aljabar pada mata kuliah aljabar linear elementer. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 42–52.

Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi penelitian tindakan kelas bagi peningkatan profesionalitas guru antara cita dan fakta. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1–22. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/index.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Sari, A., & Azmi, M. (2018). Penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.42.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas Pada Era Digital.

Sudjana, N. (2012). Penilaian hasil proses belajar mengajar (XVII). PT Remaja Rosdakarya.

Surni, E. Z. (2018). Pengaruh efikasi diri dan metakognisi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Guppi Samata Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Widayati, A. (2018). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87–93. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793.

Published
2021-03-24
How to Cite
Angriani, A. D., Rezkiani, R., Afiif, A., Suharti, S., & Rasyid, M. R. (2021). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MIND MAPPING. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 15-27. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.20076
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 358 times