PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MIND MAPPING
Abstract
Abstrak
Pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa proses pembelajaran di kelas belum maksimal. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan maksud ingin meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui pengaplikasian model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping. Siswa kelas X MIA 1 dengan kemampuan yang heterogen berjumlah 34 orang dipilih menjadi subyek dari penelitian ini. Penyelenggaraan penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Makassar. Kegiatan penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklus mempunyai tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan prinsip observasi dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapatkan secara kualitatif mengalami perubahan, siswa menjadi antusias mengikuti pembelajaran. Sementara hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa secara menyeluruh terjadi kemajuan pada pemahaman konsep matematika siswa setelah mengaplikasikan pembelajaran Two Stay Two Stray yang berbantuan Mind Mapping.
Abstract
Students' understanding of mathematical concepts is still low. This indicates that the learning process in the classroom is not optimal. This research includes classroom action research (CAR) which was conducted with the intention of increasing students understanding of mathematical concepts through the application of the Two Stay Two Stray (TSTS) learning model. Students from class X MIA 1 with heterogeneous abilities amounted to 34 people were chosen to be the subjects of this study. The research was conducted at SMA Negeri 11 Makassar. The research activity was carried out in 2 cycles, each cycle having stages, namely planning, acting, observing, and reflecting. Data collection was carried out using the principle of observation and tests given at the end of each cycle. The collected data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. The results obtained were qualitatively changed, students become enthusiastic about participating in learning. Meanwhile, the results of the quantitative analysis show that overall progress has occurred in the understanding of students mathematical concepts after applying to learn Two Stay Two Stray which is assisted by Mind Mapping.
Downloads
References
Agustyaningrum, N., & Simanungkalit, H. T. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran mind mapping terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam Tahun Ajaran 2014/2015. Pythagoras, 5(1). https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/237
Arianti, R, Haedar A, & Sirajuddin, S. (2017). Penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada jurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang. Jurnal Office, 3(2). https://doi.org/10.26858/jo.v3i2.8938.
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62.
Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui Realistic Mathematics Education berbantuan alat peraga bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280.
Harahap, K. A., & Surya, E. (2017). Application of cooperative learning model with type of two stay two stray to improve result of mathematics teaching. IJSBAR (International Journal of Sciences: Basic and Applied Research), 33(2), 156–165. https://gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/7370.
Hasanah, M. (2020). Pembelajaran kooperatif tipe TSTS untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Jurnal AXIOMA: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 20–26. https://doi.org/10.36835/axi.v5i1.540.
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di SMP Negeri 1 Tukka. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 70–77. https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.133.
Johari, I., Harianja, M., & Pujiastuti, E. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas X MIPA 6 SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 384–388. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28959.
Kompas. (2016). Daya imajinasi siswa lemah. Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah?page=all.
Mattoliang, L. A., Khidayati, P., Nur, F., & Rasyid, M. R. (2020). Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa antara media macromedia flash dan media powerpoint dalam model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. AJME (Alauddin Journal of Mathematics Education), 2(1), 42–52. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.12430.
Mufidah, A., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L. A. (2019). Analisis pemahaman konsep aljabar pada mata kuliah aljabar linear elementer. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 42–52.
Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi penelitian tindakan kelas bagi peningkatan profesionalitas guru antara cita dan fakta. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1–22. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/index.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
Sari, A., & Azmi, M. (2018). Penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.42.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas Pada Era Digital.
Sudjana, N. (2012). Penilaian hasil proses belajar mengajar (XVII). PT Remaja Rosdakarya.
Surni, E. Z. (2018). Pengaruh efikasi diri dan metakognisi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Guppi Samata Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Widayati, A. (2018). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87–93. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).