PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MATA PELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM

  • Tri Sejati SMAN 1 TARAKAN
    (ID)

Abstract

Abstrak

Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) banyak kendala yang dihadapi oleh guru terutama dalam hal membangun dan mendokumenkan aktivitas siswa, baik kehadiran maupun evaluasi. Salah satu LMS pada PJJ adalah google classroom. Penggunaan google classroom dalam pembelajaran dapat merekam berbagai aktivitas siswa dan guru selama PJJ. Hal ini ditunjukkan dalam hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap siswa kelas XII MIPA 5, SMAN 1 TARAKAN tahun pelajaran 2020/2021 bahwa google classroom sebagai kelas maya saat PJJ dapat digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Dari hasil observasi yang dilakukan pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan aktivitas siswa mengisi daftar hadir tepat waktu pada siklus 1 sebesar 61% kategori sedang meningkat menjadi 75% pada siklus 2 dengan kategori tinggi. Aktivitas siswa mengumpulkan tugas atau penilaian secara tepat waktu pada siklus 1 meningkat dari 64% menjadi 80% pada siklus 2 dengan kategori tinggi. Sedangkan aktivitas guru dari 82% pada siklus 1 meningkat menjadi 95% pada siklus 2 dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi. Dengan diperoleh data peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menunjukkan bahwa google classroom dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat merekam aktivitas siswa SMAN 1 Tarakan kelas XII MIPA 5 selama pembelajaran dengan kategori tinggi dan aktivitas guru dengan kategori sangat tinggi.

 

Abstract

During Distance Learning (PJJ), teachers face many obstacles, especially in terms of building and documenting student activities, both attendance and evaluation. One of the LMS at PJJ is google classroom. The use of google classroom in learning can record various activities of students and teachers during PJJ. This is shown in the results of classroom action research conducted on students of class XII MIPA 5, SMAN 1 TARAKAN 2020/2021 academic year that google classroom as a virtual class when PJJ can be used to determine student and teacher activities during learning through observation of teacher and student activities. From the results of observations made in cycle 1 and cycle 2 showed that the activity of students filling out the attendance list on time in cycle 1 was 61%, the category was increasing to 75% in cycle 2 with the high category. Student activity collecting assignments or assessments in a timely manner in cycle 1 increased from 64% to 80% in cycle 2 with the high category. Meanwhile, teacher activity from 82% in cycle 1 increased to 95% in cycle 2 from high to very high category. By obtaining data on the increase in teacher and student activity in learning, it shows that google classroom can be used as a learning medium that can record the activities of students of SMAN 1 Tarakan class XII MIPA 5 during learning with a high category and teacher activities with a very high category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asy’ari, M., Ikhsan, M., & Muhali. (2019). The Effectiveness of inquiry learning model in improving prospective teachers’ metacognition knowledge and metacognition awareness. International Journal of Instruction, 12(2), 455–470. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12229a

Hamalik, O. (2002). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasmiati, J., & Mustami. (2017). Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan dengan metode praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21–35.

Muhali. (2017). Conceptual framework of reflective-metacogtitive learning model to improve students’ metacognition ability at senior high school. Proceeding of Mathematic, Informatic, Science, and Education International Conference. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Indonesia.

Muhali. (2018). Pengembangan model pembelajaran reflektif-metakognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa SMA. Universitas Negeri Surabaya.

Musriana. (2019). Pengaruh guru sebagai motivator terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akutansi kelas IPS di SMA Negeri 12 Makasar. Universitas Negeri Makassar.

Nurfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/2615-7667.211

Purwanto. (2010). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektifitas pembelajaran daring melalui google classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135.

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Press.

Rusman. (2015). Pembelajaran tematik terpadu: teori, praktik, dan penilaian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sabran, & Subara. (2019). Keefektifan google classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penulisan Universitas Negeri Makasar, 122–125. Retrieved from https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cacher:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&h1=id&ct=clnk&g1=id

Sardiman, A. M. (2003). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa menggunakan google classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544

Published
2021-05-31
How to Cite
Sejati, T. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MATA PELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 134-144. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21049
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 203 times