EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gilireng. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gilireng yang berjumlah 87 peserta didik, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 43 peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gilireng yang terpilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: dokumen, angket (kuesioner), dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif. Hasil belajar siswa dari 43 siswa, jumlah siswa yang mendapatkan nilai kategori tinggi hanya 7 orang dan siswa yang mendapatkan nilai kategori sedang sebanyak 36 orang. Jumlah siswa pada kategori sedang dan tinggi tersebut tersebar dengan kuantitas yang sama hampir sama dalam menilai efektif dengan tidak efektif pembelajaran daring. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dinilai efektif khususnya bagi yang memiliki hasil belajar yang tinggi dan dapat meningkatkan hasil belajar meskipun banyak kendala yang dialami oleh siswa.
Abstract
This study aims to find out the effectiveness of online learning in improving the learning outcomes of PPKn in grade VII students of SMP Negeri 1 Gilireng. This research is a type of descriptive quantitative research. The population in this study is all students in class VIIa, VIIb and VIIc in SMP Negeri 1 Gilireng which amounted to 87 students, while the sample s in this study as many as 43 students of grade VII SMP Negeri 1 Gilireng were selected using sampling techniques, namely random sampling. The research instruments used are: documents, questionnaires, and interview guidelines. The data analysis in this study was conducted by descriptive quantitative method. The results of the students' study from 43 students, the number of students who get high category grades only 7 people and students who get a moderate category score of 36 people. The number of students in the medium and high categories is spread with almost the same quantity in assessing the effectiveness of online learning. It can be concluded that online learning is considered effective especially for those who have high learning outcomes and can improve learning outcomes despite the many obstacles experienced by students.
Downloads
References
Aboagye, E., Yawson, J. A., & Appiah, K. N. (2020). COVID-19 and e-learning: the challenges of students in tertiary institutions. Social Education Research, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37256/ser.212021422
Alessandro, B. (2018). Digital skills and competence, and digital and online learning. Turin: European Training Foundation.
Alfiyatin, Y. (2020). Pembelajaran daring dalam pandangan siswa MI Al-Falah Dakiring-Bangkalan. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 5(2), 1–22. Retrieved from http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/105
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi covid-19. AL-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905
Damanti, A., Suradika, A., & Ulfaniatari. (2020). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui media infografis pada pembelajaran jarak jauh siswa kelas III SDN Pondok Pinang 08 Pagi Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–11. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7856
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dhull, I., & Sakshi. (2017). Online learning. International Education & Research Journal (IERJ), 3(8), 32–34.
Fauziyah, N. (2020). Dampak covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam. Al-Mau’izhoh, 2(2). Retrieved from http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/am/article/view/2294
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistic. Jurnal Math Educator Nusantara, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekt, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. Retrieved from https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring: sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
Lanes, L. G., Warouw, D. M. D., & Mingkid, E. (2021). Peran komunikasi antarpribadi orang tua dalam proses belajar daring bagi anak di SD Negeri 15 Manado. Acta Diurna Komunikasi, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/32079
Mustakim. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2). https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Nugraha, S., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
Sahu, P. (2020). Closure of universities due to coronavirus disease 2019 (COVID-19): impact on education and mental health of students and academic staff. Cureus, 2019. https://doi.org/10.7759/cureus.7541.
Suharti, Muslim, A., & Sriyanto. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Daerah Binaan 1 Sumbang Banyumas. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 51–63. https://doi.org/10.18860/mad.v13i1.9662
Sutini, Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning madrasah terhadap optimalisasi pemahaman matematika siswa. RPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124–136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tauhid, S. M., Nurmalasari, Foldra, F., & Jayawinangun, R. (2020). Trend kajian pembelajaran daring: suatu telaah pustaka. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 4(2), 167–164. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/apik/article/view/2535
Winataputra., U. S., dkk. (2009). Materidan dan pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).