PERBANDINGAN STRATEGI INQUIRI DAN STRATEGI EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi inquiri dan strategi ekspositori. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 kota Makassar yang berjumlah 277 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik multiple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes essai sebanyak 5 item soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan strategi inquiri lebih baik dibanding dengan hasil belajar yang menggunakan strategi ekspositori. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji sampel t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara strategi inquiri dan strategi ekspositori terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 26 kota Makassar. Berdasarkan pengamatan peneliti pada hasil belajar strategi inquiri, siswa lebih aktif dan berusaha mencari solusi dari setiap masalah melalui interaksi dengan teman kelompoknya. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam proses belajar mengajar. Sedangkan pada strategi ekspositori, keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar tidak terlalu nampak. Peran guru sangat dominan karena harus menjelaskan materi pelajaran.
Abstract
The purpose of this study was to determine the differences in students' mathematics learning outcomes who were taught using an inquiry strategy and an expository strategy. This research is a Quasi Experimental type of research with a Pretest-Posttest Group Design research design. The population of this study were all students of class VIII SMP Negeri 26 Makassar, which amounted to 277 students. The sampling technique used is the multiple random sampling technique. The instrument used to determine student learning outcomes is in the form of an essay test of 5 items. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis with sample t-test. Based on the results of the descriptive analysis, it was concluded that student learning outcomes using the inquiry strategy were better than those using the expository strategy. Meanwhile, based on the results of inferential analysis using the sample t-test, it shows that there is a significant difference between the inquiry strategy and the expository strategy on the mathematics learning outcomes of eighth grade students of SMP Negeri 26 Makassar. Based on the researcher's observations on the learning outcomes of the inquiry strategy, students were more active and tried to find solutions to each problem through interaction with their group mates. The teacher acts as a facilitator and motivator in the teaching and learning process. While in the expository strategy, student involvement in the teaching and learning process is not very visible. The teacher's role is very dominant because they have to explain the subject matter.
Downloads
References
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Aminullah. (2021). Interaksi Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing vs Ekspositori dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 28–34.
Falahudin, I., Wigati, I., & Pujiastuti, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 2(2), 92–101. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v2i2.1133
Hasibuan, R. F., & Sylvia, I. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Inquiry pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Gasan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52.
Hendracipta, N., Nulhakim, L., & Agustini, S. M. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Penerapan Model Inkuri Terbimbing di Sekolah Dasar. JPSD, 3(2), 215–227.
Hendracipta, N., Syachruroji, A., & Hermawilda, H. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara yang Menggunakan Srategi Inkuiri dengan Strategi Ekspositori. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 33. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1137
Hosnah, W. M., Sudarti, & Subiki. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terbahap Hasil Belajar Fisika di SMA. Chemistry Education Practice, 2(2), 190–195.
Hudoyo, H. (2005). Teori Belajar untuk Pengajaran Matematika. Depdikbud.
Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51–60. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2931
Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(April), 49–57.
Lahadisi. (2014). Inkuiri: Sebuah Strategi Menuju Pembelajaran Bermakna. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 85–98.
Muliani, N. K. D., & Wibawa, M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333
Nadjamuddin, L., Degeng, I. N. S., Dwijogo, W. D., & Ali, M. N. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Berpikir terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–54.
Pratiwi, K. F., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Ragin, G., Refando, A., & Utami, D. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 54–60. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Sartika, R. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa MIN SEI Medan. Jurnal ANSIRU PAI, 3(1), 102–116.
Silaban, P. J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 107–126.
Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1), 59–63.
Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 59. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17
Zulfikar, M., & Tayeb, T. (2018). Perbandingan Penerapan Metode Inquiry Terbimbing Dan Metode Inquiry Bebas Termodifikasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.
Zulkifli. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-D SMPN 4 Tambah. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2(2), 156–165.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).