BLENDED LEARNING BERBASIS PLATFORM: STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak
Pandemi Covid-19 menuntut para pendidik menerapkan pembelajaran dengan inovasi teknologi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh yang efektif sebagai satu-satunya metode terbaik dari yang terburuk saat ini salah satunya adalah Blended learning berbasis platform. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan faktor pendukung pembelajaran Blended learning berbasis platform yang efektif pada masa pandemi covid-19 khususnya pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Dalam penelitian kepustakaan yang dilakukan ini data diperoleh dari berbagai buku-buku online, jurnal, majalah, dokumen, artikel online ataupun buku yang ada diperpustakaan yang berkaitan dengan strategi pembelajaran blended learning dan pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19. Instrumen pada penelitian kepustakaan ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Adapun sumber datanya terdiri dari data primer dan sekunder. Selanjutnya, data-data baik primer maupun sekunder yang dikumpulkan diperoleh dengan cara membaca, mengkaji, memahami, dan mencatat literatur berkaitan dengan fokus penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara 1) mengumpulkan data-data berbasis pustaka artinya menggunakan buku-buku online, jurnal, majalah, dokumen, dan artikel online, 2) menganalisis sampai mendapatkan suatu kesimpulan. Teknik analisis data dalam penelitian kepustakaan ini terdiri dari analisis konten, deduktif, induktif, interpretatif, komparatif, dan historis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa blended learning sebagai strategi pembelajaran akan menjadi pembelajaran yang efektif atau tepat guna pada pembelajaran matematika jika didukung dengan platform yang tepat disertai instruksi-instruksi yang berbasis pembelajaran jarak jauh. Adapun komponen yang akan menjadi faktor penting yang dapat mendukung pembelajaran blended learning yang efektif selama pandemi covid-19 adalah a) jaringan yang stabil, b) literasi digital yang mumpuni mahasiswa maupun dosen, c) bahan ajar yang relevan dengan pembelajaran blended learning pada masa pandemi, d) perpaduan platform untuk mengatasi kendala-kendala yang mungkin terjadi dan menutupi setiap kelemahan yang dimiliki platform lainnya, e) rancangan proses belajar yang terstruktur.
Abstract
The Covid-19 pandemic requires educators to implement learning with technological innovation to support effective distance learning as the single best method of the worst today, one of which is platform-based Blended learning. The purpose of this study is to describe the concepts and factors supporting effective platform-based Blended learning during the covid-19 pandemic, especially in math learning. The type of research used in this study is literature (library research). In this literature research conducted data is obtained from various online books, journals, magazines, documents, online articles or books that exist in the library related to blended learning strategies and mathematical learning during the covid-19 pandemic. The instrument in this literature research is the researcher himself (human instrument). The data source consists of primary and secondary data. Furthermore, both primary and secondary data collected are obtained by reading, reviewing, understanding, and recording the literature related to the focus of this research. The data collection technique in this study is done by 1) collecting library-based data means using online books, journals, magazines, documents, and online articles, 2) analyzing until you get a conclusion. Data analysis techniques in this literature research consist of content analysis, deductive, inductive, interpretive, comparative, and historical. The results of this study concluded that blended learning as a learning strategy will be an effective or appropriate learning in mathematics learning if supported by the right platform accompanied by instructions based on learning. The components that will be an important factor that can support effective blended learning during the covid-19 pandemic are a) a) stable networks, b) qualified digital literacy of students and lecturers, c) teaching materials relevant to blended learning in the pandemic period, d) the combination of platforms to overcome possible obstacles and cover every weakness that other platforms have, e) a structured learning process design.
Downloads
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Ardiansyah, E. S. N., & Sulistyaningsih, D. (2020). Analisis proses pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi microsoft teams materi persamaan logaritma pada masa pandemi covid - 19. Prosiding Seminar Edusaintek, 4(1), 22–28.
Arsenault, A. (2019). Why blended learning? clayton christensen institute. Clayton Christensen Institute. https://www.christenseninstitute.org/blended-learning/
Centrul Tehnologic Educational. (2020). Time for high quality blended learning, but why? MIT Center.
Damanik, R. N. (2019). Daya tarik pembelajaran berbasis blended learning di era revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Darhim. (2010). Teori belajar matematika (Bahan PLPG).
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistic. Jurnal Math Educator Nusantara, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Husamah. (2014). Pembelajaran bauran (blended learning). Prestasi Pustakarya.
Jasmi, O. (2020). Upaya peningkatan kompetensi guru menulis hand out melalui in house training di masa pandemi. Inovasi Pendidikan, 7(2), 102–112. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2308
Karso, H. (2014). Pembelajaran matematika di sd [Universitas Terbuka]. http://repository.ut.ac.id/4026/
Kencawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, I. (2020). Tantangan dan strategi pembelajaran matematika di masa adaptasi kebiasaan baru (akb) dampak dari covid-19. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4740
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah pembelajaran matematika secara daring efektif? (studi kasus pada pembelajaran selama masa pandemi covid-19). KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/25029
Lalima, & Dangwal, K. L. (2017). Blended learning: an innovative approach. Universal Journal of Educational Research, 5(1), 129–136. http://www.hrpub.org/journals/article_info.php?aid=5495
Lubis, W. (2020). Analisis efektivitas belajar pada pembelajaran jarak jauh (pjj) di masa pandemi covid-19. Jurnal Bahastra (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 5(1), 132–141. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/3282/2242
Maathoba, A. (2017). Blended learning. ACADEMIA. https://www.academia.edu/38308657/Blended_Learning_By_Aman_Maathoba_
Maulana, M. (2015). Definisi, manfaat dan elemen penting literasi digital. ACADEMIA. https://www.academia.edu/21277105/Definisi_Manfaat_dan_Elemen_Penting_Literasi_Digital
Mosa, E. (2006). A blended e-learning model. Italian Journal Of.
Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Effective teaching: teori dan aplikasi edisi kedua. Pusaka Pelajar.
Niani, C. R., & Rahma, C. (2020). Analisis kendala sistem belajar daring terhadap pembelajaran matematika di kampus. Math Educa Journal Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 114–122. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca/article/view/1730
Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran matematika pada materi pecahan campuran berbasis daring (melalui aplikasi whatsapp) di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 4 sdn pakujajar cbm. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 98–105. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3679
Pradnyana, G. A. (2013). Blended learning.
Rachmah, H. (2019). Blended learning: memudahkan atau menyulitkan? [Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/39395/
Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di kabupaten banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302.
Saputra, J., & Priskawati, D. (2020). Blended learning: solusi pembelajaran new normal untuk pendidikan agama kristen di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 1(2), 104–113.
Solichin, M. M. (2006). Belajar dan mengajar dalam pandangan al-ghazali. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 138–153. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/202
Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat literasi digital bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799
Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru mi/sd. CV Widya Pustaka.
Wibawa, S. (2018). Pendidikan dalam era revolusi industri 4.0. Indonesia. UST.
Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Era Digital. Purwadita : Jurnal Agama Dan Budaya, 2(2).
Wiryanto. (2020). Proses pembelajaran matematika di sekolah dasar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).