Pengaruh Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika ditinjau dari Pengetahuan Awal Peserta Didik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (ST) ditinjau dari pengetahuan awal peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika kelas VII SMP Negeri 13 Makassar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment serta desain factorial design 3 x 2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Makassar berjumlah 363 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 10 sebagai kelas kontrol sedangkan kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai F = 0,606 dan nilai Sig. = 0,548 > 0,05 sehingga diterima. Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model kooperatif tipe snowball throwing ditinjau dari pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika kelas VII SMP Negeri 13 Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afdilani, N., Hanun Simangunsong, H., Lestari, P., Para Nasution, S., Ummi Athiya, S., & Rajamuddin Saragih, S. (2022). Pengaruh strategi pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar biologi siswa SMA/MA. In Jurnal Pendidikan Biologi (Vol. 9, Issue 2). https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL
Astutik, Y., Hariani, L. S., & Muzammil, L. (2021). Hasil belajar: snowball throwing dan motivasi belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 15(2), 128–134. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. 9(1), 61–74.
Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Juhji. (2015). Pengaruh penerapan model snowball throwing terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23–32. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna
Meika. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematik dengan model snowball throwin pada kelas VIII SMP Plus Mathla’ul Anwar Cibuah.
Sandi. (2014). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar ipa dengan kovariabel kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD.
Muniratuzahra, Salempa, P., & Ramdani. (2021). Pengaruh metode snowball throwing pada model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA MAN 1 Sidrap (studi pada materi pokok sistem periodik unsur). ChemEdu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia), 2(2), 67–78. http://ojs.unm.ac.id/index.php/ChemEdu/index
Oktaviani, D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89–97.
Yoriza, H. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing terhadap pemahaman konsep matematika siswa sekolah menengah pertama ditinjau dari kemampuan awal. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer## Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).