Pengaruh Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik

  • Elvira Elvia Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahruddin Prodi Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: reading comprehension skills, PQ4R method

Abstract

This study aims to determine the effect of implementing the PQ4R method on the reading comprehension skills of class V students of MI Madani Alauddin. This study is a quantitative study with a quasi-experimental design. The population in this study consisted of classes V A and V B, with 60 students of MI Madani Alauddin. The sampling technique used was saturated sampling. The research instrument was a reading comprehension ability test. The data obtained were analyzed using descriptive and inferential statistical analysis. The results of the analysis showed that the reading comprehension skills of students in classes that did not apply the PQ4R method were in the moderate category, while the reading comprehension skills of students in classes that applied the PQ4R method were in the high category. The results of the analysis also showed that the application of the PQ4R method had a positive effect on the reading comprehension skills of class V students of MI Madani Alauddin. The implications of the research based on the study results indicate that the PQ4R method affects reading comprehension skills. Therefore, it is recommended that schools, especially elementary school teachers, use the PQ4R method in order to achieve effective learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnestria, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berfikir Terbimbing Dengan Membca Teknik Terhadap Hasil Belajar Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-5.

Alawiyah, S. (2019). Penerapan strategi pembelajaran preview question read reflect recite review untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 2(2), 6. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3647

Basmar, N. A. (2020). Pengaruh prinsip integritas, objektivitas dan perilaku profesional terhadap kualitas audit pada kap kota makassar. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2), 89–99. https://doi.org/10.35906/jep01.v5i2.404

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Damayanti, N. (2020). Pengaruh metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar kelas tinggi. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 186–192. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.151

Dihan, W., Hidayat, M., & Nugraha, U. (2022). Penerapan metode PQ4R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(1), 88–100. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19544

Fajri, J. F., Anggraini, P., & Faizin, F. (2024). Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode PQ4R pada materi teks diskusi bahasa Indonesia. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 235. https://doi.org/10.29210/1202423904

Hidayah, H. N. (2023). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada cerpen siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Air Emas Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Khasanah, A., & Cahyani, I. (2016). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi Question Answer Relationships (QAR) pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(2), 161–175. https://doi.org/10.17509/jppd.v1i2.6468

Linayaningsih, F. (2011). Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 02(2002), 75–86.

Saltari, S., Akmal Hamsa, & Andi Agussalim Aj. (2024). Pengaruh metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2804–2809. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.2457

Saputra, A. H., & Diana, M. (2022). Strategi pembelajaran PQ4R: pengembangan buku strategi membaca siswa sekolah dasar berbasis penguatan pendidikan karakter. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(3), 372–384. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.9530

Sugianto, N. I. F., Sutri, S., & Suprihatin, D. (2024). Pengaruh model PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) berbasis media koran digital dalam kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 876–887. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.575

Sujiono, S., Marjianto, M., Setyaningsih, R., & Harto, S. (2024). Penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(2), 969. https://doi.org/10.35931/aq.v18i2.3380

Zaituni, I., Kuswara, & Apriliana, A. C. (2023). Pengaruh strategi PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman teks nonfiksi. Sebelas April Elementary Education, 2(3), 255–262.

Published
2024-11-23
How to Cite
Elvia, E., Halimah, A., & Syahruddin. (2024). Pengaruh Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 6(2), 126-134. https://doi.org/10.24252/asma.v6i2.52290
Section
Artikel
Abstract viewed = 42 times