SAHIFAH; EMBRIO PEMBUKUAN HADIS
Abstract
Bentuk awal hasil dari kodifikasi tersebut adalah S}ah}i>fah, kemudian s}ah}i>fah–s}ah}i>fah tersebut dibukukan ke dalam kitab–kitab hadis, yang hingga sekarang digunakan para ulama untuk menetapkan atau mengambil sebagai hujjah kedua setelah Al Quran. Maka penting untuk meneliti tentang keadaan shahifa ini. Penelitian menemukan bahwa para sahabat dan tabiin menjadi satu-satunya agen, yang dengan perantaraan mereka pengetahuan andal mengenai diri nabi saw. (sunnah) dan al-Qur’an dapat ditransmisikan. Artinya, tanpa peran aktif mereka dalam proses perekaman dan penyebaran hadis -salah satunya dengan membuat sahifah-, maka sangat boleh jadi seluruh jejak sunnah akan hilang, tanpa dikenali oleh generasi sesudahnya. Sahifah yang di tulis pada masa Nabi sangat berpengaruh terhadap munculnya berbagai macam kitab hadis, kemunculan kitab hadis memudahkan para peneliti hadis karena kitab-kitab tersebut telah disusun berdasarkan tema-tema tertentu sedangkan shahifah yang dulu ditulis oleh para sahabat masih dalam bentuk catatan prbadi dan belum dikelompokkan berdasarkan tema.
References
‘Abd al-Kari>m, Ah}mad bin Ma’bad bin. Kita>bah al-H{adi>s fi ‘Ahd al-Nabi> SAW wa S{ah}a>batih wa Asruha> fi> H{ifz} al-Sunnah al-Nabawiyyah, Madinah: Majma’ al-Malik, t.th.
Ahmad Izzan dan Saifuddin Nur, Ulumul Hadis, Cet. I; Bandung: Tafakur, 2011.
Al-Asqalani>, Ah}mad bin ‘Ali> Ibn Hajar. Tahzi>b al-Tahzi>b, Juz II, Beirut: Da>r al-Fikr, 1404 H.
Azami, Muhammad Must}afa. Dira>sa>t fi> al-H}adi>s al-Nabawi> wa Tari>kh Tadwi>nih, Juz II, Beirut: Maktab al-Islami>, 1980.
Al-Baghda>di>, Abu> Bakr Ah}mad bin ‘Ali> bin S|a>bit al-Kha>tib. Taqyi>d al-‘Ilm, t.tp: Da>r Ih}ya>’ al-Sunnah al-Nabawiyyah, 1974.
Al-Bukha>ri>, Abu> ‘Abdillah Muh}ammad bin ‘Isma>’i>l bin Ibra>hi>m al-Ju’fi. Ta>rikh al-Kabi>r, Juz VII, Beirut: Da>r al-Fikr, t.th.
Al-Da>rimi, Abdullah bin Abd al-Rahma>n. Sunan al-Da>rimi>, Juz I Beirut: Da>r al-Fikr, t.th.
Al-Di>nawari, ‘Abdullah bin Muslim bin Qutaibah. Ta’wi>l Mukhtalaf al-H{adi>s, Juz IV, Beirut: Da>r al-Fikr, 1415 H.
Ibnu ‘Abd al-Barr, Abu> ‘Umar Yu>suf bin ‘Abdullah bin Muh}ammad. Al-Isti‘a>b fi> Ma’rifah al-S{ah}a>bah, Juz III, Kairo: Da>r Nahd}ah Mas}r li al-T{ab al-Nasyr, t.th.
Ibnu H{anbal, Ahmad. Al-Musnad, Juz X, Beirut: Da>r al-Ji>l, 1414 H.
Ismail, M. Syuhudi. Pegantar Ilmu Hadis, Bandung: Angkasa, 1994.
Al-Jaza>ri>, ‘Izz al-Di>n bin al-Asi>r. Usd al-Gha>bah fi> Ma’rifah al-S}ah}a>bah, Juz III, Beirut: Da>r al-Fikr, 1409 H.
Al-Qazwaini>, Ahmad bin Fa>ris bin Zakariya>. Mu’jam Maqa>yi>s al-Lughah, Juz III, t.tp: Da>r al-Fikr, 1399 H/1979 M.
Al-Ra>mahurmuzi>, Abu> Muh}ammad bin Hasan bin Abd al-Rah}man bin Khalad. Al-Muh}addis al-Fa>s}il Bayn al-Ra>wi> wa al-Wa>’i>, Beirut: Da>r al-Fikr, 1404 H.
Saifuddin, Arus Tradisi Tadwin Hadis dan Historiografi Islam: Kajian Lintas Aliran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Al-Sakha>wi>, Syams al-Di>n. Al-Tuhfah al-Lat}i>fah fi Tari>kh al-Madinah al-Syari>fah, Juz II, Beirut: Da>r al-Kutub al-Ilmiyah, 1414 H.
Al-Syahzury, Ibnu S{ala>h} Abu> ‘Amr Usma>n bin Abd al-Rah}ma>n. Ulum al-H{adi>s, Madinah: Maktabah al-‘Ilmiyah, 1972.
Ya’qub, Ali Mustafa. Kritik Hadis, Jakarta: Penerbit Pustaka Firdaus, 1995.
Al-Z|ahabi>, Syams al-Di>n Muh}ammad bin Ah}mad bin Usma>n. Siyar A’la>m al-Nubala>’, Juz III, Beirut: Mu’assasah al-Risa>lah, 1410 H.