HADIS ASPEK KEJIWAAN DALAM PROSES BELAJAR (KAJIAN PSIKOLOGI ISLAM)
Abstrak
Keberhasilan dalam menuntut ilmu bukan hanya ditentukan oleh kemampuan dasar, namun hal ini pun berkaitan dengan bagaimana proses atau cara belajar. Kejiwaan manusia dalam belajar berbeda-beda sehingga memahami aspek kejiwaan dalam proses belajar memiliki kedudukan penting dalam pencapaian hasil. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), dengan mengumpulkan literatur yang terkait, kemudian disajikan secara deskriptif kualitatif, yakni menampilkan data sebagaimana adanya dengan menggunakan pendekatan psikologi. Berdasarkan hadis Nabi saw. tentang aspek kejiwaan dalam proses belajar memberikan pemahaman bahwa langkah-langkah strategis yang dipersiapkan untuk melakukan suatu pembelajaran serta upaya, yakni memilih waktu yang tepat dalam menyampaikan nasihat dan ilmu kepada ummat atau para sahabat agar tidak bosan, dikenal dengan metode situsional dan kondisional. Menggunakan pendekatan emosional atau kejiwaan merupakan usaha untuk memahami dan menghayati intelegensi, minat dan bakat juga dapat merasakan mana yang baik dan mana yang buruk sehingga mampu memberikan motivasi atau nasihat yang dapat diterima dengan baik.