Efektivitas Penggunaan Metode Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity dan metode konvensional serta mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik antara kedua metode tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only post group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Bontonompo yang berjumlah 350 orang yang tersebar dalam 10 kelas. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang dipilih dari dua kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik matching. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity berada pada ketegori rendah dengan persentase sebesar 65% dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode konvensional berada pada kategori rendah dengan persentase 75%. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa t-hitung yang diperoleh sebesar 0,98 dan t-tabel sebesar 2,02, sehingga t-hitung < t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity dan metode konvensional.
Downloads
References
Fraenkell, J.R., Wallen, N.E., Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education Eighth Edition. New York: McGraw-Hill.
Lona, D. Kamaluddin, Fihrin. (2013). Analisis Hirarki Pemahaman Siswa Kelas XA SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Hukum Newton. JPFT: Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(1), 24-27.
Manurung, O., Kartono. (2016). Keterampilan Penalaran Induktif Deduktif dan Kemampuan Represenasi Matematis Siswa pada Pembelajaran CTL Berbasis Hands On Activity. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 155-165.
Permendikbud No 53. (2015). Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Putra, F.G. (2017). Eksperimental Pendekatan Konstekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73-80.
Rismayanti, I., Bakhraeni, R., Natalia, D. (2015). Hands on dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pendadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 108-117.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Seniati, Liche, dkk. (2009). Psikologi Eksperimen. Indonesia: PT Macana Jaya Cemerlang.
Siregar, Sofyan. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wulandari, A.Y.P., Tawil, M., Amin, B.D. (2015) Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activites untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 2 Model Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 3(2), 105-15.
Yuliati, D.I., Yulianti, D., Khanafiyah, S. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. JPFI: Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 23-27.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]