Efektivitas Penggunaan Metode Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

  • Muh Syihab Ikbal Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar
    (ID)
  • Istiqama Abdi
Keywords: Metode Pembelajaran, Hand-on activty, Hasil Belajar Fisika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity dan metode konvensional serta mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik antara kedua metode tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only post group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Bontonompo yang berjumlah 350 orang yang tersebar dalam 10 kelas. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang dipilih dari dua kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik matching. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity berada pada ketegori rendah dengan persentase sebesar 65% dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode konvensional berada pada kategori rendah dengan persentase 75%. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa t-hitung yang diperoleh sebesar 0,98 dan t-tabel sebesar 2,02, sehingga t-hitung < t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity dan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fraenkell, J.R., Wallen, N.E., Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education Eighth Edition. New York: McGraw-Hill.

Lona, D. Kamaluddin, Fihrin. (2013). Analisis Hirarki Pemahaman Siswa Kelas XA SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Hukum Newton. JPFT: Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(1), 24-27.

Manurung, O., Kartono. (2016). Keterampilan Penalaran Induktif Deduktif dan Kemampuan Represenasi Matematis Siswa pada Pembelajaran CTL Berbasis Hands On Activity. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 155-165.

Permendikbud No 53. (2015). Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Putra, F.G. (2017). Eksperimental Pendekatan Konstekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73-80.

Rismayanti, I., Bakhraeni, R., Natalia, D. (2015). Hands on dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pendadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 108-117.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Seniati, Liche, dkk. (2009). Psikologi Eksperimen. Indonesia: PT Macana Jaya Cemerlang.

Siregar, Sofyan. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wulandari, A.Y.P., Tawil, M., Amin, B.D. (2015) Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activites untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 2 Model Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 3(2), 105-15.

Yuliati, D.I., Yulianti, D., Khanafiyah, S. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. JPFI: Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 23-27.

Published
2021-04-28
How to Cite
Ikbal, M. S., & Abdi, I. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 81-90. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20831
Section
Artikel
Abstract viewed = 214 times