Gambaran Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Terhadap Materi Fisika Kelas X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi fisika kelas X, khususnya pada semester genap di SMA Negeri 1 Majene. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA SMA Negeri 1 Majene yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Untuk analisis deskriptif mencakup mean, standar deviasi, varians dan kategorisasi daya serap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kemampuan penguasaan konsep fisika untuk materi hukum newton yang sangat baik untuk ranah kognitif mengetahui (C1) dan kurang untuk ranah kognitif memahami (C2). Penguasaan konsep fisika peserta didik untuk materi gravitasi universal berada pada tingkatan baik untuk ranah kognitif mengetahui (C1) dan berada pada tingkatan kurang untuk ranah kognitif memahami (C2). Penguasaan konsep fisika peserta didik untuk materi usaha dan energi berada pada tingkatan sangat baik untuk ranah kognitif mengetahui (C1) dan berada pada tingkatan kurang untuk ranah kognitif memahami (C2)
Downloads
References
Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.294
Ismail, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (Clis) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida. IPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset IIlmiah, 1(2), 83–87.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Yanuari, Aldi. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Gedung SMK Negeri 1 Seyegan. UNY: Skripsi.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]