Gambaran Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Terhadap Materi Fisika Kelas X SMA

  • Muh Syihab Ikbal Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar
    (ID)
  • Ridwan Idris
  • Andi Uswatun Hasanah
  • Nurwahidah S

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi fisika kelas X, khususnya pada semester genap di SMA Negeri 1 Majene. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA SMA Negeri 1 Majene yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Untuk analisis deskriptif mencakup mean, standar deviasi, varians dan kategorisasi daya serap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kemampuan penguasaan konsep fisika untuk materi hukum newton yang sangat baik untuk ranah kognitif mengetahui (C1) dan kurang untuk ranah kognitif memahami (C2). Penguasaan konsep fisika peserta didik untuk materi gravitasi universal berada pada tingkatan baik untuk ranah kognitif mengetahui (C1) dan berada pada tingkatan kurang untuk ranah kognitif memahami (C2). Penguasaan konsep fisika peserta didik untuk materi usaha dan energi berada pada tingkatan sangat baik untuk ranah kognitif mengetahui (C1) dan berada pada tingkatan kurang untuk ranah kognitif memahami (C2)

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.294

Ismail, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (Clis) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida. IPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset IIlmiah, 1(2), 83–87.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yanuari, Aldi. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Gedung SMK Negeri 1 Seyegan. UNY: Skripsi.

Diterbitkan
2021-10-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 266 times