Pengembangan Buletin Mitigasi Gempa Bumi Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an di SMAN 1 Polewali
Abstrak
Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model Pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan bentuk awal, uji lapngan persiapan, revisi uji lapangan persiapan, dan uji lapangan utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buletin mitigasi gempa bumi terintegrasi dengan ayat-ayat alquran yang memenuhi kriteria valid dan efektif untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Polewali. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon peserta didik dan pendidik terhadap Buletin. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buletin memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 0,80. Respon peserta didik berada pada kategori positif dan respon pendidik berada pada kategori sangat positif sehingga buletin memenuhi kriteria efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asyhari, Ardian dan Helda Silvia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1).
(atur Spasi)
Hermon, Dedi. (2015). Geografi Bencana Alam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kementrian Agama RI. (2013). Mushaf Aisyah. Jakarta. PT Insan Media Pustaka.
Makmun, Muhammad. (2013). Gempa Bumi dalam Al-Qur’an. Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 14(1).
Sholihah, Nafi’atus. (2017). Pengembangan Modul IPA Terintegrasi Dengan Ayat Al Qur’an dan Hadis Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik MTs Kelas VIII Semester 1 di MTs N 1 Yogyakarta”. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Khambali (2017). Manajemen Penanggulangan Bencana. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Puturuhu, Ferad. (2015). Mitigasi Bencana dan Penginderaan Jauh. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tegeh, Made, dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wikipedia. (2019). Buletin. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Buletin (diakses 14 April 2019).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]