META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA

  • Suhardiman Suhardiman UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • Epi Purnama
  • Ummul Hasanah
  • Yusuf Hidayat
  • Hasbullahair Azhar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pembelajaran Fisika secara keseluruhan, berdasarkan jenjang pendidikan, variabel terikat penelitian dan materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian Meta-analisis. Subjek penelitian ini berupa artikel ilmiah yang telah dipublikasi oleh beberapa jurnal di Indonesia tentang penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tahun 2011-2020 pada konsep materi Fisika dengan kriteria yang telah ditentukan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pemberian kode (coding). Effect size yang diperoleh untuk jenjang SLTP 0,355 (kategori besar) dan SLTA 0,244 (kategori sedang). Besar pengaruh model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Fisika berdasarkan variabel terikat memiliki effect size pada kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, literasi sains dan prestasi belajar berada pada kategori besar, sedangkan hasil belajar, kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori sedang. Besar pengaruh model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Fisika berdasarkan materi atau pokok bahasan memiliki effect size pada materi Hukum Newton dan Cahaya dan Optik berada pada kategori besar, sedangkan Fluida Statis, Suhu dan Kalor, dan Listrik Dinamis berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suhardiman Suhardiman, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
Pendidikan Fisika

References

Ariani, T., & Suanti, W., 2016, Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.36706/jipf.v3i2.3846.

Demirel, M., & Dağyar, M., 2016, Effects of Problem-Based Learning on Attitude: A Meta-analysis Study, EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(8), 2115–2137. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1293a.

Deswita, M., 2018, Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.22202/jrfes.2018.v5i1.2771.

Ginaya, G., Kanca, I. N., & Sri Astuti, N. N., 2020, Designing Problem-Based Learning (PBL) Model for Tourism Vocational Education in 4.O Industry, International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 6(1), 14–23. https://doi.org/10.21744/ijllc.v6n1.808.

Hidayah, S. N., Pujani, N. M., & Sujanem, R., 2018, Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X MIPA 2 MAN Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20575.

Jiniarti, B. E., Sahidu, H., & Verawati, N. N. S. P., 2017, Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 185–192. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.257.

Kadir, 2015, STATISTIKA TERAPAN: Konsep, Contoh, dan Analsis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kadir, K., 2017, META-ANALYSIS OF THE EFFECT OF LEARNING INTERVENTION TOWARD MATHEMATICAL THINKING ON RESEARCH AND PUBLICATION OF STUDENT, TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4(2), 162–175. https://doi.org/10.15408/tjems.v4i2.8010.

Manalu, A., 2016, Efek Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswasma Negeri 2 Pematangsiantar, INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(2), 1–8. https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5503.

Phasa, K. C., 2020, Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296.

Pratiwi, I., 2019, EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157.

Rahmat, S. A., Pasaribu, M., & Darmadi, I. W., 2016, Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gerak di Kelas X SMA Negeri 6 Sigi, JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(3), 16–21. https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i3.6213.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, K., Djidu, H., & Anazifa, R. D., 2018, Pengantar Analisis Meta (Edisi 1), Parama Publishing, Yogyakarta.

Published
2021-03-17
How to Cite
Suhardiman, S., Purnama, E., Hasanah, U., Hidayat, Y., & Azhar, H. (2021). META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 25-32. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.20463
Section
Articles
Abstract viewed = 705 times