Pendekatan Pakematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Peserta Didik Kelas IX.5 SMPN 1 Tarowang
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PAKEMATIK) dan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX.5 mata pelajaran IPA Terpadu dengan materi kemagnetan di SMP Negeri 1 Tarowang Kab. Jeneponto dengan pendekatan PAKEMATIK. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.5 yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan lima kali tatap muka setiap siklus. Adapun alur penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan PAKEMATIK, dengan hasil pada setiap siklus yaitu dari 52% menjadi 86% pada siklus I dan siklus II. Implikasi penelitian ini adalah guru dapat mengimplementasikan pendekatan PAKEMATIK sebagai alternatif pembelajaran di kelas agar tidak monoton dan lebih bervariasi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]