Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik sebelum diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL), untuk mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL), dan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran problema based learning (PBL) di SMAN Wongsorejo. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA 3 SMAN 1 Wongsorejo tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen observasi dan tes pemahaman konsep. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran problema based learning (PBL) yaitu 34,59. Sedangkan nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) yaitu 76,62.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]