Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika

  • Pertiwi Universitas Pancasakti
    (ID)
  • Mariani Akhfar Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Pancasakti
    (ID)
  • Muhammad Taqwin Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Pancasakti
    (ID)
  • Hermina Ena Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Pancasakti
    (ID)
  • Hajeriati MTsN. 5 Bulukumba
    (ID)
  • Titin Fatmawati SMP Negeri 2 Barombong
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Satarmese sebanyak 78 orang dari 3 kelas. Simple random sampling digunakan untuk menentukan kelas kontrol yaitu XI MIA 1 dan kelas eksperimen yaitu XI MIA 2. Instrumen yang digunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistika deskriptif dan uji beda independent sample t-test untuk menjawab rumusan masalah penelitian berupa: (1) seberapa besar hasil belajar fisika siswa tanpa menerapkan model pembelajaran blended learning pada kelas XI MIA SMA Negeri 1 Satarmese. (2) seberapa besar hasil belajar fisika siswa yang menerapkan model pembelajaran blended learning pada kelas XI MIA SMA Negeri 1 Satarmese. (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Satarmese. Penelitian dilakukan pada materi Fluida Dinamis sehingga diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Blended Learning dikategorikan memadai. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Serta hasil uji independent sample t-test t-hitung lebih besar dari t-tabel.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-08-26
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 210 times