Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Satarmese sebanyak 78 orang dari 3 kelas. Simple random sampling digunakan untuk menentukan kelas kontrol yaitu XI MIA 1 dan kelas eksperimen yaitu XI MIA 2. Instrumen yang digunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistika deskriptif dan uji beda independent sample t-test untuk menjawab rumusan masalah penelitian berupa: (1) seberapa besar hasil belajar fisika siswa tanpa menerapkan model pembelajaran blended learning pada kelas XI MIA SMA Negeri 1 Satarmese. (2) seberapa besar hasil belajar fisika siswa yang menerapkan model pembelajaran blended learning pada kelas XI MIA SMA Negeri 1 Satarmese. (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Satarmese. Penelitian dilakukan pada materi Fluida Dinamis sehingga diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Blended Learning dikategorikan memadai. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Serta hasil uji independent sample t-test t-hitung lebih besar dari t-tabel.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]