Efektivitas Model Pembelajaran Generatif Terhadap Keterampilan Generik Sains Fisika Peserta Didik Pada Materi Momentum Dan Impuls

  • Sudirman Sudirman UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan generik sains fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif, mengetahui keterampilan generik sains fisika peserta didik yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran generatif, mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan keterampilan generik sains fisika.

Penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching only post Test Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X TKJ. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X TKJ 2 berjumlah 30 dan kelas X TKJ 3 berjumlah 25. Teknik sampling yang digunakan yaitu convenience sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan generik sains peserta didik kelas X TKJ menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen (X TKJ 2) sebesar 75,80. Sedangkan untuk kelas kontrol (X TKJ 3) nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 72,52. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-2 sampel independent diperoleh thitung = 1,34 dan ttabel = 2,00. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa thitung < ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Sehingga tidak terdapat pengaruh antara kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif dengan kelas yang diajar tanpa menggunaan model pembelajaran generatif. Hal ini berarti model pembelajaran generatif tidak efektif digunakan pada kelas X TKJ.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-04
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 149 times