Efektivitas Model Pembelajaran Generatif Terhadap Keterampilan Generik Sains Fisika Peserta Didik Pada Materi Momentum Dan Impuls
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan generik sains fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif, mengetahui keterampilan generik sains fisika peserta didik yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran generatif, mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan keterampilan generik sains fisika.
Penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching only post Test Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X TKJ. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X TKJ 2 berjumlah 30 dan kelas X TKJ 3 berjumlah 25. Teknik sampling yang digunakan yaitu convenience sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan generik sains peserta didik kelas X TKJ menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen (X TKJ 2) sebesar 75,80. Sedangkan untuk kelas kontrol (X TKJ 3) nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 72,52. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-2 sampel independent diperoleh thitung = 1,34 dan ttabel = 2,00. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa thitung < ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Sehingga tidak terdapat pengaruh antara kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif dengan kelas yang diajar tanpa menggunaan model pembelajaran generatif. Hal ini berarti model pembelajaran generatif tidak efektif digunakan pada kelas X TKJ.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]