Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep usaha dan Energi pada Siswa SMA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan pemahaman konsep usaha dan energi pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan metode survey dengan data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket tentang konsep usaha dan energi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 14 Medan Kelas XII IPA 4 dan XII IPA 5 dengan subjek sebanyak 30 orang siswa yang telah mempelajari konsep usaha dan energi. Kesulitan pemahaman konsep yang dialami oleh siswa yaitu Siswa masuk dalam kategori sedang dalam hal pemahaman konsep materi usaha dan energi pada pelajaran fisika dengan persentase sebanyak 46,66 %. Sebanyak 33,33% siswa kesulitan dalam menganalisis usaha (positif, negatif atau nol), energi kinetik, energi potensial gravitasi, serta hukum usaha. Kesulitan siswa dalam menerapakan konsep hukum usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari,sebesar 33,33%. Faktor penyebab kesulitan pemahaman konsep yang dialami siswa disebabkan oleh cara mengajar guru dan siswa itu sendiri
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]