PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL MITIGASI BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR

  • Nurul Padhila Bahar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • H. Hasbullahair Ashar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suhardiman Suhardiman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Video Pembelajaran, Literasi Digital, Mitigasi Bencana, Banjir, Tanah Longsor

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan video pembelajaran berbasis literasi digital mitigasi bencana banjir dan tanah longsor yang memenuhi kriteria valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan DDD-E yang terdiri atas tahap decide, design, develop, dan evaluate. Subjek penelitian ini terdiri atas 2 orang validator, 1 orang pendidik dan 22 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Masamba. Penentuan kriteria kevalidan majalah menggunakan uji indeks aiken V dengan tiga komponen kriteria penilaian pada ahli materi yaitu aspek materi, penyajian, dan kebahasaan, serta tiga kriteria penilaian ahli media yaitu aspek tampilan, suara dan teks, dan penyajian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video telah memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai indeks aiken V= 0,83 dan V=0,81. Tingkat efektivitas majalah menunjukkan bahwa 90,9% dari jumlah keseluruhan peserta didik dan 100% pendidik memberikan respon sangat positif setelah menggunakan video pembelajaran. Selain itu, hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah menggunakan video pembelajaran berbasis literasi digital mitigasi bencana banjir dan tanah longsor yaitu diperoleh 100% peserta didik memperoleh ketuntasan belajar di atas KKM serta pada analisi uji t-1 sampel diperoleh nilai signifikan 2 tailed < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis literasi digital mitigasi bencana banjir dan tanah longsor bersifat valid dan efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Departemen Agama., & Lentera Abadi, PT. (2010). Mukadimah al-Qurʻan dan tafsirnya. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Fechera, B., Somantri, M., & Hamik, D. L. (2012). Desain dan Implementasi media video prinsip-prinsip alat ukur listrik dan elektronika. Invotec, 8(2).

Gilster, P., & Glister, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub. New York.

Oemar, H. (1994). Media pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Riyana, C. (2007). Pedoman pengembangan media video. Jakarta: P3ai Upi, 2552–2654.

Setyowati, D. L. (2019). Pendidikan Kebencanaan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Wedyawati, N., dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Ipa Terintegrasi Mitigasi Bencana Terhadap Hasil Belajar. In Jurnal Edukasi (Vol. 15, Issue 2).
Diterbitkan
2024-12-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1 times