PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL MITIGASI BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan video pembelajaran berbasis literasi digital mitigasi bencana banjir dan tanah longsor yang memenuhi kriteria valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan DDD-E yang terdiri atas tahap decide, design, develop, dan evaluate. Subjek penelitian ini terdiri atas 2 orang validator, 1 orang pendidik dan 22 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Masamba. Penentuan kriteria kevalidan majalah menggunakan uji indeks aiken V dengan tiga komponen kriteria penilaian pada ahli materi yaitu aspek materi, penyajian, dan kebahasaan, serta tiga kriteria penilaian ahli media yaitu aspek tampilan, suara dan teks, dan penyajian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video telah memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai indeks aiken V= 0,83 dan V=0,81. Tingkat efektivitas majalah menunjukkan bahwa 90,9% dari jumlah keseluruhan peserta didik dan 100% pendidik memberikan respon sangat positif setelah menggunakan video pembelajaran. Selain itu, hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah menggunakan video pembelajaran berbasis literasi digital mitigasi bencana banjir dan tanah longsor yaitu diperoleh 100% peserta didik memperoleh ketuntasan belajar di atas KKM serta pada analisi uji t-1 sampel diperoleh nilai signifikan 2 tailed < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis literasi digital mitigasi bencana banjir dan tanah longsor bersifat valid dan efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Fechera, B., Somantri, M., & Hamik, D. L. (2012). Desain dan Implementasi media video prinsip-prinsip alat ukur listrik dan elektronika. Invotec, 8(2).
Gilster, P., & Glister, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub. New York.
Oemar, H. (1994). Media pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Riyana, C. (2007). Pedoman pengembangan media video. Jakarta: P3ai Upi, 2552–2654.
Setyowati, D. L. (2019). Pendidikan Kebencanaan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Wedyawati, N., dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Ipa Terintegrasi Mitigasi Bencana Terhadap Hasil Belajar. In Jurnal Edukasi (Vol. 15, Issue 2).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]