PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI LABORATORIUM VIRTUAL

  • Jamilah Jamilah
    (ID)

Abstrak

Keberadaan laboratorium dalam pembelajaran Biologi sangat penting, hampir semua materi dalam pembelajaran biologi tersebut memanfaatkan laboratorium untuk meningkatkan pengalaman belajar. Tetapi tidak semua pengamatan, demonstrasi, maupun praktikum dapat dilaksanakan di laboratorium. Materi tentang sel, virus, metabolisme, prinsip-prinsip ekologi, imunologi, biologi molekuler dan lain-lain memerlukan laboratorium dengan biaya, peralatan, bahan dan antisipasi resiko kerja yang harus memenuhi standar. Keterbatasan inilah yang kadang membuat materi-materi tersebut tidak dapat diekperimenkan lebih lanjut di laboratorium. Untuk mengatasi masalah tersebut laboratorium virtual sebagai media pembelajaran dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran alternatif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

Jamilah Jamilah

Dosen Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Referensi

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Bahri Syaeful dan Aswan zain.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara,

Felintina Yuniarti, Pramesti Dewi, R. Susanti, Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Pembiakan Virus. Unnes journal of education, Vol 1, No 1 (2012)

Hughes dan Hughes, 2012. Learning & Teaching. Nuansa, Bandung

http://mutmainnahlatief.wordpress.com/2012/01/18/pendekatan-dan-metode-pembelajaran-sains/

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 1991. Media Pengajaran. Sinar Baru, Bandung

Syaiful Segala, 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, Bandung.

Widodo, 2002.Laboratorium Virtual Dan Animasi Sebagai Upaya Efisiensi Pemahaman Konsep Biologi Untuk Peserta Didik Program Akselerasi. jurnalakselerasi, Oktober 9, 2012.

Leonard, W. H. (1992), A comparison of student performance following instruction by interactive videodisc versus conventional laboratory. J. Res. Sci. Teach., 29: 93–102.

Grace A. Maldarelli,Erica M. Hartmann, Patrick J. Cummings, Robert D. Horner,Kristina. M. Obom, Richard Shingles, and Rebecca S. Pearlman (2009) Virtual Lab Demonstrations Improve Students’ Mastery of Basic Biology Laboratory Techniques. J. Microbiology & Biology education, p.51-57

Stuckey-Mickell, T.A., and B.D. Stuckey-Danner (2007). Virtual labs in the online Biology Course : student perceptions of Effetiveness and Usability. MERLOT J. Online learn. Teach 3:105-111. http://jolt.merlot.org/vol3no2/stuckey.pdf.

Dickey, J. L., J. Cummings, M. Haag, L. McBain, and W. Glider. 2000. Effective methods of training biology laboratory teaching assistants II: preparing TAs to be effective in the laboratory. Tested Stud. for Lab. Teach. 22:295–309. http://www.ableweb.org/volumes/vol-22/17-dickey.et.al.pdf.

Diterbitkan
2013-12-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 797 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

> >>