Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Sevima pada Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Datokarama Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran berbasis online menggunakan aplikasi sevima pada jurusan ilmu perpustakaan dan informasi Islam UIN Datokarama Palu, sehingga dalam penelitian ini akan dikaji tentang metode pengelolaan pembelajaran online melalui aplikasi sevima yang diterapkan oleh jurusan ilmu perpustakaan dan informasi Islam dalam memahami materi dan juga menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palu. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, penelitian ini tidak terikat dengan waktu dan tempat penelitian karena bersifat online sehingga bisa dilakukan kapan dan dimana saja, namun penelitian ini hanya memerlukan waktu dari bulan November tahun 2021 hingga Juni 2022. Penelitian ini lebih memfokuskan pada pemahaman terhadap suatu objek, fenomena, dan kejadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi sevima edlink tersebut merupakan LMS (Library Management System) dan juga aplikasi yang sangat membantu dalam proses pembelajaran akibat pandemic covid-19 dan saat ini menuju endemic serta kembali belajar offline yang dipadukan dengan metode online (hybrid) sehingga menjadi pembelajaran yang menarik dalam mendukung proses perkuliahan secara digitalisasi maupun secara tatap muka pada prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Datokarama Palu. Fitur-fitur yang mendukung proses learning terutama pada jenjang perkuliahan saat ini mampu memfasilitasi penggunanya dan sangat menghemat biaya. Sevima edlink juga dapat diakses secara bebas dan gratis namun ada keterbatasan fitur. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi Sevima Edlink versi pro ini juga menambah minat belajar mahasiswa serta dapat menunjang pembelajaran kedepannya.
References
Abdullah, Walib. “Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 7, no. 1 (July 29, 2018): 855–66. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169.
Adijaya, Nuryansyah. “Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online.” Wanastra : Jurnal Bahasa dan Sastra 10, no. 2 (September 24, 2018): 105–10. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931.
Belawati, Tian. Pembelajaran Online Edisi 2. Banten: Universitas Terbuka, 2020. https://ut.ac.id.
Darwanto, Darwanto, and Mar’atun Khasanah. “Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Platform Edlink: Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Di Masa Pendemi Covid-19.” Eksponen 11, no. 1 (April 29, 2021): 1–10. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.366.
Dunya, Madu Aulia, and Asrinur Siti Syarah. “Pengaruh Penggunaan Edlink Sebagai Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning Terhadap Kualitas Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Akuntansi.” SENAKOTA: Seminar Nasional Ekonomi dan Akuntansi 1 (2022). https://prosiding.senakota.nusaputra.ac.id/article/view/77.
Monika, Winda, Arbi Haza Nasution, M. Rizki Fadhilah, and Hafiza Oktasia Nasution. “Penerapan Book & Quiz Dan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 2 (April 30, 2022): 517–22. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.9664.
Nina, Mochammad ilham Yuni, Dyan Yuliana, and Zainul Munawwir. “Analisi Pemanfaatan Edlink Dalam Mempermudah Kegiatan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covi-19.” Holistic Science 1, no. 2 (November 1, 2021): 52–55. https://doi.org/10.56495/hs.v1i2.24.
Pemerintah Pusat Indonesia. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, 19 § (2005).
Wibowo, Andi, and Indah Rahmayanti. “Penggunan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online Untuk Mengajar Dan Belajar Bahasa Indonesia.” Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2, no. 2 (March 1, 2020): 163–74. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5094.
Copyright (c) 2023 Kamridah, Andi Muhammad Dakhlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).