Internalisasi Nilai Siri’ Na Pacce dalam Transaksi Jual Beli pada Pedagang sebagai Formulasi Nilai Tambah Syariah untuk Mewujudkan Kesejahteraan pada Pedagang di Pasar Tradisional Gowa

  • Ristiyanti Ahmadul Marunta Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • M. Wahyuddin Abdullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Amiruddin K Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Keywords: Siri' Na Pacce, Jual Beli, Kesejahteraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai siri’ na pacce dalam transaksi jual beli yang secara sadar atau tidak sadar telah tertanam dalam aktivitas bisnis masyarakat Bugis Makassar. Oleh karena itu penelitian ini dianggap penting untuk mengembangkan konsep nilai tambah syariah dengan kearifan lokal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu metode yang akan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan paradigma interpretif untuk mengungkap dan memaknai internalisasi nilai siri’ na pacce dalam transaksi jual beli sebagai formulasi nilai tambah syariah untuk mewujudkan kesejahteraan (studi pada pedagang di Pasar Tradisional Gowa). Temuan dalam penelitian ini adalah secara filosofis kearifan lokal Bugis Makassar tercermin dalam wujud transaksi jual beli. Adanya nilai tambah ekonomi yang memiliki formulasi nilai material dan bentuk nilai tambahnya adalah uang. Nilai tambah mental yang memiliki formulasi nilai kejujuran, nilai keridhaan (suka sama suka), nilai keadilan, nilai kepercayaan dan bentuk nilai tambahnya adalah rasa altuiristik, senang dan persaudaraan. Kemudian nilai tambah spiritual yang memiliki formulasi nilai untuk tidak mendurhakai Allah dan bentuk nilai tambahnya adalah rasa ikhlas dan rasa kehadiran Tuhan. Formulasi nilai tambah syariah ini menjadi dasar dalam perwujudan nilai falāh. Implikasi pada peneltian ini adalah adanya perwujudan kesadaran bagi para pedagang Bugis Makassar untuk selalu memelihara nilai kearifan lokal siri’ na pacce dalam menjalankan segala tindakannya sehingga dapat mencapai tujuan kesejahteraan hidup didunia maupun diakhirat (falāh).

References

Mardatilah, Anisa. “Etika Bisnis dalam Perspektif Islam”. JIS 6, No, 1, 2013.

Malano, Herman. Selamatkan Pasar Tradisional: Potret Ekonomi Rakyat Kecil. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama, 2011.

Damsar. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Kuntowijoyo. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi dan Etika. Edisi II; Yogyakarta: Tiara Wacana, 2015

Nurazizaturahma dan Imron Mawardi, “Pemahaman Etika Berdagang pada Pedagang Muslim Pasar Wonokromo Surabaya Studi Kasus Pedagang Buah”.Jurnal JESTT, Vol.1, No.2, 2014..

Wardi Muslich, Ahmad. Fikih Muamalah. Cet Ke-1: Jakarta: Amzah, 2010.

Suhrawardi K. Lubis dan Farid Wajadi. Hukum Ekonomi Islam. Jakarta: Sinar Grafika, 2012.

Sartini, “Menggali Kearifan Lokal Nusantara: Sebuah Kajian Filsafat”. Jurnal Filsafat, Vol. 37, No. 2, Agustus 2014.

Djuitaningsih, Tita. “Paradigma Akuntansi Syariah Dalam Shariate Value Added Statement”. Jurnal: Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol. 2 (1), 2016), h. 87.

Triyuwono, Iwan. Akuntansi Syariah: Perspektif, Metodologi dan Teori. Edisi Kedua; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015

Asosiasi Dosen Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah: Seri Konsep dan Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Magfirah, St. “Siri’ na Pacce dalam Suku Makassar Perspektif Al-Qur„an dan Hadis”. Jurnal Tahdis Vol. 7 No. 2 Tahun 2016.

Rizal Darwis dan Asna Usman Dilo, “Implikasi Falsafah Siri’ Na Pacce Pada Masyarakat Suku Makassar Di Kabupaten Gowa”, Jurnal el Harakah Vol.14 No.2 Tahun 2012..

Muhammad Nur Abdi dan Wahyuddin Abdullah, Pemaknaan "Siri’ na Pacce dalam Penetapan Harga di Lihat dari Perspektif Islam. Jurnal Akmen Vol.17 No. 1 Maret 2020.

Andaya, Leonard Y. Warisan Arung Palakka: Sejarah Sulawesi Selatan Abad ke-17, terj. Nurhadi Simorok,. Makassar: Inninawa, 2004.

Tahir, Adnan. “Integrasi Falsafah Siri’ na Pacce dan Etika Bisnis Islam dalam Membangun Bisnis Berbasis Kearifan Lokal”. Tesis: UIN Alauddin Makassar, 2019.

G, Wahyuddin . Sejarah dan Kebudayaan Sulawesi Selatan. Cet. I; Makassar: Alauddin Press, 2014.

Achmad, Abdul Muin dan Muh. Rizani Syam. Siri’: Kearifan Budaya Sulawesi Selatan. Jakarta: Badan Kerjasama Kesenian Indonesia DKI Jakarta, 2010

Amin, Muhammad. “Transformasi Nilai Kearifan Lokal dalam memperkokoh Karakter Bangsa”. Artikel Universitas Pendidikan Indonesia, 2017.

Rahim, A. Rahman. Nilai-nilai Utama Kebudayaan Bugis. Makassar: Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin, 1985.

Mahmud, A. Hasan. Silasa: Setetes Embun di Tanah Gersang. Makassar: YKSST,1976.

Natasya. “Analisis Sistem Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang Dan Penerapan Akuntansi Pada PT. Cahaya Mitra Alkes”.Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014

Huda, Qamarul. Fiqih Muamalah. Yogyakarta: TERAS, 2011.

Aziz, Abdul. Fiqih Muamalat: Sistem Transaksi dalam Fiqh Islam. Jakarta: AMZAH, 2010.

Praja, Juhaya S. Ekonomi Syariah. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Nurohman, Dede. Memahami Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Yogyakarta: TERAS, 2011.

Dewi, Gemala. Hukum Perikatan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2005.

Rasyid, Hamdan. Fiqih Indonesia Himpunan Fatwa-Fatwa Aktual. Jakarta: Al Mawardi Prima, 2003.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam, Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Masyhuri, Teori ekonomi dalam Islam. Yogyakarta : kreasi wacana, 2005.

Hasan, muhammad Tholhah, Islam dan masalah sumber daya manusia. Jakarta: lantabora press, 2003.

INFORMAN

Ruslan dg Tunru (30 Tahun), Pedagang Ubi Jalar. Wawancara. Gowa, 28 Maret 2021.

Kamaruddin (49 Tahun), Pedagang Buah. Wawancara. Gowa, 27 Maret 2021.

Published
2023-08-31
How to Cite
Marunta, R. A., Abdullah, M. W., & K, A. (2023). Internalisasi Nilai Siri’ Na Pacce dalam Transaksi Jual Beli pada Pedagang sebagai Formulasi Nilai Tambah Syariah untuk Mewujudkan Kesejahteraan pada Pedagang di Pasar Tradisional Gowa. Jurnal Diskursus Islam, 11(2), 189-203. https://doi.org/10.24252/jdi.v11i2.41457
Section
Artikel
Abstract viewed = 129 times