Pengaruh Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Akreditasi di SMK Negeri 1 Barru
Abstract
Tujuan Riset ini adalah menganalisis pengaruh pengaruh kompetensi soaial kepala sekolah terhadap peningkatan akreditasi di SMK Negeri 1 Barru. Kuantitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan dengan populasi penelitian adalah Guru dan Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Barru melalii responden sebanyak 79. Proses menghimpun data dilakukan dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Data kemudian analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa kompetensi sosial kepala sekolah pada kategoru sedang dengan jumlah responden 48 dari total 79 responden dengan persentase sebesar 60, 75%. dan Peningkatan Akreditasi pada kategori sedang dengan jumlah responden 53 dari total sebanyak 79 Responden dengan presentase sebesar 67, 08%. Uji Statistik menunjukkan nilai = 5,961 = 1,991, maka hipotesis Alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak, ini berarti ada pengaruh kompetensi sosial kepala sekolah terhadap peningkatan akreditasi di SMK negeri 1 Barru.
References
Asopwan, D. (2018) ‘Studi Tentang Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah’, Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 2(2), pp. 265–271.
Awaludin, A.A.R. (2017) ‘Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), pp. 12–21. doi:10.30998/sap.v2i1.1156.
Azizah, L. and Witri, S. (2021) ‘Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah’, Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), pp. 69–78. doi:10.35878/guru.v1i1.263.
Bakti, H. and Holidjah, A. (2007) ‘Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Ap.Fip.Um.Ac.Id, pp. 381–388. Available at: http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/29-H.-Erwin-Bakti-Holidjah-AR.pdf.
Khairuddin (2014) ‘Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah dalam Peningkatan Akreditasi Madrasah Aliyah’, Jurnal Serambi Ilmu, Edisi Maret 2014 Volume 17 Nomor 2, 17(1).
Malik, A. dkk (2020) Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020, Madrasah, Admin Ayo. Available at: https://www.ayomadrasah.id/2020/06/pedoman-akreditasi-sekolah-madrasah-2020.html.
Rahmadani, D. (2015) ‘Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri Di Kota Pariaman’, Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(Bahana Manajemen Pendidikan), p. 954. Available at: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/viewFile/5232/4121.
Setiavani, W. (2017) Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd Negeri 01 Karangkobar Banjarnegara, Iain Purwokerto. Available At:
Http://Repository.Iainpurwokerto.Ac.Id/2774/2/Wati Setiyani_Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Manajemen Be.Pdf (Accessed: 27 April 2022).
Setyawan, D. and Santosa, A.B. (2021) ‘Kompetensi Kepala Sekolah dan Guru sebagai Basis Pencapaian Mutu Pendidikan’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), pp. 3269–3276. Available at:
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1261.
Suardipa, I.P. and Pitriani, K. (2020) ‘Urgensi Sistem Penjaminan Mutu dan Akreditasi Dalam Pemetaan Mutu Satuan Pendidikan’, Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), pp. 143–153. Available at:
http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jurnalmutu/article/view/909.
Yanto, M. (2021) Manajemen Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Kompetensi Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Rejang Lebong, Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar. Available at:
http://repository.iaincurup.ac.id/168/1/1371-7533-1-PB.pdf (Accessed: 8 April 2023).
Copyright (c) 2023 Baharuddin, Erwin Hafid, Musdalifah, Muh. Nur Idul Fitri, Rahmat Gusnadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).