Kajian Kritis tentang Jiwa dalam Pemikiran Islam

  • Titin Florentina Purwasetiawatik Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
    (ID)
  • La Ode Ismail Ahmad Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Amri Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Jiwa (nafs) dalam pemikiran Islam merupakan konsep inti yang melampaui sekadar fungsi biologis. Artikel ini melakukan kajian kritis terhadap pemahaman tentang jiwa dalam tradisi Islam, menelusuri pendekatan filosofis, dan ilmiah. Melalui lensa kritik, artikel ini mendekonstruksi pandangan tradisional, menguji validitas argumen yang mendukungnya, dan mengeksplorasi implikasi teologis dan etis dari berbagai perspektif tentang jiwa. Perspektif teologis Islam menekankan keterkaitan jiwa dengan tubuh, sifat dan fungsi jiwa, serta takdir dan kehendak bebas. Perspektif filosofis Islam menawarkan model tripartit jiwa yang menjelaskan fungsi-fungsi biologis, emosional, dan intelektual jiwa. Filsafat Sufi memandang jiwa sebagai cerminan Tuhan dan berpotensi mencapai kesempurnaan melalui penyucian diri dan cinta ilahi. Kajian psikologi Islam berupaya mengintegrasikan prinsip-prinsip Al-Quran dan Hadis dengan ilmu psikologi modern. Ini dapat membantu memahami mekanisme dan motivasi perilaku manusia serta menawarkan strategi untuk pembinaan jiwa, pengelolaan emosi, dan peningkatan kesehatan mental.

References

Ahmad Sopian. Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Vol. 1, No. 1, 2016.

Akhdan Nur Said dan Diana Rahmawati. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Nominal. Vol. 7, No. 1, 2018.

Ana Setyowati, Sri Hartati dan Dian Ratna Sawitri. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Resiliensi pada Siswa Penghuni Rumah Damai. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 7, No. 1, 2010.

Ani Agustiyani Maslahah. Pentingnya Kecerdasan Spiritual dalam Menangani Perilaku Menyimpang. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 4, No. 1, 2013.

Askhabul Kirom. Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3, No. 1, 2017.

Fadhlina Arief Wangsa. Kecerdasan Intelektual Nabi Muhammad SAW. dalam Perspektif Hadis. Jurnal Sulesana (Vol. 14, No. 1, 2020) h. 1-20.

Fahlila Mutia. Implementasi Model Pembelajaran di Era Digital pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 15, No. 2, 2022.

Faisal. Kecerdasan Intelektual Rasulullah SAW; Perspektif Hadis. Jurnal Ulunnuha. Vol. 6, No. 2, 2016.

Fathul Mufid. Spiritual Teaching dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Tsamratul Huda Tahunan Jepara. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol.11, No. 2, 2016.

Fathul Mufid. Spiritual Teaching dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Tsamratul Huda Tahunan Jepara. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol.11, No. 2, 2016.

Firdaus Daud. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 19, No. 2, 2012.

Fitri Wahyuningsih Tuankotta. Analisis Kecerdasan Emosional Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual Pengaruhnya terhadap Kompetensi Guru pada Pondik Pesantren Nadil Ulumiddiniyah Ory. Jurnal Ilmu Ekonomi Adventage. Vol. 8, No. 1, 2019.

Ilmi Al Idrus, Damayanti dan Ermayani. Pengembangan Kecerdasan Emosinal Peserta Dididk di Sekolah dasar Melalui Pendidikan Karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan dasar Indonesia. Vol. 4, No. 1, 2020.

Ivan Riyadi, ‘Emotional Inteligence the Prescpective of Daniel Goleman and Its Relevance in Islamic Education’, Ta’dib, 20.2 (2016), 221 <https://doi.org/10.19109/td.v20i2.84>.

John D. Mayer, Peter Salovey, and David Caruso, ‘Models of Emotional Intelligence’, Handbook of Intelligence, 1, 2012, 396–420 <https://doi.org/10.1017/cbo9780511807947.019>.

Neng Marlina Efendi. Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi. Vol. 2, No. 2, 2018.

Nur Afif. Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Quran): Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1, 2019.

Rahmat Ariadillah, Yuni Yanti Soliha dan Dewi Indrawati. Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa melalui Program Keberagaman di MI Jami’iyyatul Khair Xiputat Timur. Jurnal Tarbawi. Vol. 6, No. 1, 2021.

Safira Zulfania. Analisis Rumusan Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini di TK II Pertiwi. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2, No. 1, 2021.

Salim Korompot dan Sultan M Tarmizi Korompot. Pemaknaan Peserta Didik tentang Kecerdasan Spiritual. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol. 6, No. 2, 2020.

Siti hajril Masyitah, Maizuddin dan Nurkhalis. Korelasi Kecerdasan Emosional dan Spiritual dengan Pengetahuan Hadis pada Mahasiswa Prodi IAT UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tafse: Jurnal Pendidikan al-Qur’an. Vol. 4, No. 55, 2019.

Sri Langgeng Ratnasari dkk. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa di Kota Batam. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance. Vol. 4, 2022.

Sugeng Sejati. Perkembangan Spiritual Remaja dalam Perspektif Ahli. Jurnal Hawa. Vol. 1, No. 1, 2019.

Suwaibatul Aslamiah. Pendidikan Spiritual sebagai Benteng terhadap Kenakalan Remaja (Sebuah Kajian terhadap Riwayat Nabi Yusuf as.). Legalite: Jurnal Perundang-Undangan dan Hukum Pidana Islam. Vol. 2, No. 1, 2017.

Syahdan Lubis. Belajar dan Mengajar sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. Jurnal Literasiologi. Vol. 5, No. 2, 2021.

Ujud Supriaji. Konsep Pendidikan Spiritual. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial. Vol. 3, No. 1, 2019.

Umi Baroroh. Beberapa Konsep Dasar Proses Belajar Mengajar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal PAI. Vol. 1, No. 1, 2004.

Wiwik Dyah Aryani dkk. Pengembangan Kecerdasan Intelektual Emosional dan Spriritual. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 4, 2022.

Yulia Ayriza. Mewujudkan Insan Indonesia Cerdas Komprehensif dan Kompetitif. Jurnal Paradigma. Vol.1, No. 2, 2006.

Zamzami Sabiq dan As’ad Djalali. Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Pamekasan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 1, No. 2, 2012.

Published
2024-07-09
How to Cite
Purwasetiawatik, T. F., Ahmad, L. O. I., & Amri, M. (2024). Kajian Kritis tentang Jiwa dalam Pemikiran Islam. Jurnal Diskursus Islam, 12(1), 89-105. https://doi.org/10.24252/jdi.v12i1.44336
Section
Artikel
Abstract viewed = 71 times